breaking news New

PERLUASAN PIPA PERLU DILAKUKAN PDAM

Paringin – Guna meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat Balangan perlu dilakukan perluasan cakupan dan kualitas pelayanan air bersih melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat, Pemkab Balangan tahun 2019 ini berencana menambah jaringan pipa milik PDAM Balangan di beberapa titik  dan meningkatkan kapasitas produksi WTP yang ada.

Penambahan pipa saluran air bersih milik PDAM Balangan ini, dibagi dalam Tiga titik wilayah Kecamatan atau wilayah. Selain itu, pemerintah juga akan kembali melaksanakan program  sambungan gratis bagi masyarakat di beberapa Desa yang selama ini rawan krisis air bersih serta sudah mempunyai jaringan air bersih milik PDAM.

Direktur PDAM Balangan, Suryadi mengungkapkan, ada tiga titik baru perluasan jaringan pipa baru yang direncanakan dibangun tahun 2019 ini yakni, di Kecamatan Lampihong, Batumandi dan Juai serta beberapa titik pemukiman baru di seputaran kota Paringin.

Untuk di Kecamatan Lampihong, kata Suryadi yakni, di kawasan trans Lajar Pupuyuan, Kecamatan Batu Mandi di jalan tembus ke Kecamatan Awayan, sedangkan di Kecamatan Juai ada di desa Sumber Rejeki.“Khusus daerah perkotaan, kita akan membangun jaringan baru bagi perumahan baru atau pemukiman baru yang belum terjangkau jaringan yang ada,’’ ujar Suryadi, Rabu (29/1/2019)

Penambahan jaringan baru ini sendiri, lanjut dia, hampir tiap tahun dilaksanakan pihaknya, sehingga hasilnya pun sangat memuaskan, dimana hingga kini jangkauan layanan jaringan PDAM Balangan sudah mencapai 85%.“Jangkauan sebesar 85% ini menjadikan kita PDAM nomor di Kalsel kalau soal cakupan layanan, kalau daerah lain  masih ada yang dibawah 50%,’’ bebernya.

Apa yang dilakukan ini, menurut  dia, tidak terlepas dari visi mis PDAM yakni bisa melayani seluruh masyarakat. Selain itu, juga dalam rangka memenuhi amanat RPJMN Nasional 2015 sampai dengan 2019, yakni tercapainya PDAM sehat dan akses aman air minum 100% diakhir tahun 2019.

Terlepas dari itu, menurut dia, kini semua kecamatan yakni delapan kecamatan se Kabupaten Balangan sudah mempunyai Instalasi Pengelolaan Air (IPA) dan ecara kapasitas produksi air yang dihasilkan pun masih surplus, jadi tinggal peningkatan jumlah pelanggan. Untuk itu dengan langkah tersebut jumlah masyarakat yang menggunakan layanan air bersih dari PDAM meningkat sehingga berdampak kepada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Balangan.

“Saat ini kapasitas produksi air PDAM Balangan, mencapai 3.292.586 liter dan ini bisa ditambah sesuai kebutuhan dan secara umum program penambahan pemasangan SR ini demi meningkatkan pelayanan air bersih kepada warga yang belum memiliki SR dirumah. Komitmen kami setiap tahun itu harus ada 1000 SR yang terpasang, nah tahun-tahun mendatang kita upayakanlebih banyak lagi demi memperluas cakupan pelayanan," pungkasnya. (MC Balangan/Sr)

Leave a Comment