breaking news New

Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Ke-73 Kementerian Agama Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Balangan

PARINGIN – Jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag Tahun 2019, bertempat di Halaman Kantor Kemenag Balangan, Kamis (3/1/2019).

Bertindak selaku Pembina Upacara yakni Bupati Balangan H. Ansharuddin, dengan peserta upacara terdiri dari jajaran pegawai, pengawas, tenaga pendidik dan sejumlah siswa di Lingkungan Kemenag Balangan. Nampak hadir pula pada kegiatan ini, unsur FKPD, Kepala Kemenag, Ketua MUI dan sejumlah pejabat.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Balangan H. Ansharuddin, menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran Kemenag Pusat dan Daerah atas sumbangsih dan kontribusinya selama ini dalam upaya membangun birokrasi modern, bersih dan professional melayani umat.

"Berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga, memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat, agar terus terjaga kerukunan hidup antar umat beragama yang kian rekat, sehingga kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa makin meningkat," ujarnya.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu "Jaga Kebersamaan Umat", Menteri mengajak seluruh jajaran Kemenag apalagi di tahun politik sekarang ini, untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas semua kelompok dan golongan kepentingan.

"Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antar sesama anak negeri," ajaknya.

Dipaparkan Menteri, bahwa memasuki tahun 2019, Enam Sasaran Strategis Program Kemenag telah digariskan, yakni meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tata kelola pembangunan bidang agama.

"Enam sasaran tersebut harus tercermin dalam program kerja pusat dan daerah. Di samping itu, pembinaan toleransi dan kerukunan antar umat beragama, pengembangan moderasi beragama dan pembangunan akhlak bangsa perlu disuarakan lebih nyaring di ruang-ruang publik," papar Menteri.

Pada kegiatan ini juga dirangkai dengan Penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 dan 10 tahun dari Presiden RI, yang disematkan oleh Bupati Balangan kepada 5 ASN, termasuk salah satunya diterima Kepala Kemenag Balangan.

Selain itu, Bupati Balangan juga menyerahkan piagam penghargaan kepada satu orang ASN Teladan di Lingkungan Kemenag.

Leave a Comment