breaking news New

Balangan Raih Sertifikat Adipura Kategori Kota Kecil Tahun 2018

PARINGIN – Upaya jajaran pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan Kota Paringin sebagai ibukota Kabupaten Balangan untuk menjadi kota yang bersih dan hijau, berbuah manis dengan mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup RI berupa Sertifikat Adipura Tahun 2018 untuk kategori Kota Kecil.

Disaksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Sertifikat Adipura ini diserahkan langsung oleh Menteri LH Siti Nurbaya dan diterima Sekda Balangan Ir. H. Ruskariadi, pada acara Penganugerahan Adipura dan Green Leadership Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD, yang bertempat di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jln Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Wapres Jusuf Kalla pada acara ini dalam sambutannya mengharapkan agar terus terjalin kerjasama yang kuat dan baik antara pemerintah dan masyarakat di daerah terkait dengan perbaikan lingkungan.

"Untuk kemajuan bangsa ini, semua komponen harus bekerjasama, tidak dapat berjalan sendiri-sendiri. Apresiasi dan penghargaan ini bisa membuat kita bangga, namun jangan merasa cukup puas sampai di sini, dan teruslah berbuat untuk meningkatkan perbaikan kualitas lingkungan kita," kata Wapres.

Terpisah, Bupati Balangan H. Ansharuddin juga merasa bersyukur atas penghargaan Sertifikat Adipura dan mengungkapkan capaian tersebut berkat kerja keras semua pihak termasuk rasa kepedulian dari masyarakat.

"Alhamdulillah, setelah belasan tahun ini, kita bisa meraih penghargaan ini. Terima kasih atas kerja keras kawan-kawan SKPD yang mendukung, dan juga kepedulian masyarakat yang turut serta menjaga lingkungan kita," katanya.

Dengan capaian ini, ditegaskan Ansharuddin bahwa jajarannya tidak akan berpuas diri, namun akan terus meningkatkan berbagai upaya lainnya, agar kedepannya mendapatkan penghargaan dan apresiasi yang lebih baik lagi.

"Insya Allah, ke depannya kami berharap untuk mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi lagi. Namun yang lebih penting, adalah membudayakan masyarakat yang sadar terhadap kebersihan lingkungan yang harus terus dilakukan, dengan memberikan contoh dan stimulan bagi masyarakat," ujar Ansharuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, H. Musa juga menambahkan, penghargaan ini sudah melalui berbagai persiapan yang maksimal, seperti menggelar berbagai kegiatan dan mengoptimalkan petugas kebersihan dalam menciptakan kebersihan lingkungan.

"Dengan semangat dan optimisme kita, beberapa giat yang kita lakukan, merangkum seluruh elemen seperti bersih-bersih akbar di titik pantau Adipura, akhirnya membuahkan hasil cukup baik dengan raihan Sertifikat Adipura ini," terang Musa.

Adapun Sertifikat Adipura Tahun 2018 untuk kategori Kota Kecil ini, diterima sebanyak 7 daerah dari kabupaten dan kota Se-Indonesia, termasuk Kabupaten Balangan.

Leave a Comment