breaking news New

Haulan Datu Kandang Haji 1440 H

PARINGIN – Haulan Datu Kandang Haji sebagai seorang yang mula-mula menyebarkan agama Islam di wilayah  Balangan, pada tahun ini kembali dihadiri ribuan jamaah yang tidak hanya datang dari Balangan, namun juga dari kabupaten-kabupaten tetangga bahkan dari luar Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan haulan dilaksanakan di Makam Datu Kandang Haji, Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Sabtu (19/1/2018), dengan dihadiri pula oleh Bupati Balangan H. Ansharuddin, Ketua TP. PKK Hj. Nursidah, unsur pimpinan dan sejumlah anggota DPRD, unsur FKPD, para Kepala SKPD serta penceramah KH. Asmuni atau dikenal Guru Danau dan Habib Umar dari Yogyakarta.

Mengawali kegiatan haulan, terlebih dahulu dilaksanakan pembacaan Habsy dan Tahlilan yang dipimpin langsung oleh Guru Danau.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Manakib Datu Kandang Haji oleh Dosen ULM Prof. Dr. Asmaran yang juga merupakan salah satu juriat Datu Kandang Haji, dimana dalam manakib menyebutkan selama menyebarkan syiar-syiar Islam di Kabupaten Balangan, Datu Kandang Haji juga mendirikan beberapa mesjid.

"Mesjid-mesjid tua sebagai bukti peninggalan sejarah yang masih kokoh berdiri sampai saat ini adalah Mesjid Al Mukarammah di Desa Bangkal, Mesjid Jannatul Ma’wa di Desa Buntu Karau dan Mesjid Sirajul Huda di Desa Paran," terangnya.

Perjuangan dalam menyebarkan Islam oleh Datu Kandang Haji tersebut juga diharapkan oleh Habib Umar dalam tausiyahnya, dapat menjadi suri teladan bagi para jamaah agar bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Melalui peringatan haul ini, mari kita teladani akhlak yang baik dari Datu Kandang Haji dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu sarana kita untuk silaturahmi, menimba ilmu dan mengingatkan akan kematian," ajak Habib Umar.

Adapun Guru Danau dalam tausiyahnya juga merasa bersyukur atas kehadiran ribuan jamaah haulan yang menurutnya selalu bertambah banyak setiap tahunnya.

"Kehadiran jamaah haulan yang selalu bertambah banyak setiap tahunnya, menandakan kecintaan kepada sosok Datu Kandang Haji sebagai penyebar Islam di Balangan," ujar Guru Danau.

Sementara itu, Bupati Balangan H. Ansharuddin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih khususnya kepada Guru Danau, yang selalu hadir dalam setiap peringatan haul Datu Kandang Haji.

"Berkat Guru Danau, keberadaan makam Datu Kandang Haji dikenal luas. Saya juga berharap melalui kegiatan haulan, ini tercipta hubungan yang baik dan saling mendukung antar pemerintah, ulama dan masyarakat sehingga terpelihara kebersamaan," harap Ansharuddin.

Leave a Comment