breaking news New

Manfaat Pete untuk Penderita Diabetes

Siapa yang tidak tahu dengan penyakit diabetes? Penyakit kronis dan penyebab komplikasi berbagai penyakit berbahaya ini sering dihubungkan dengan konsumsi makanan manis dan tinggi lemak secara berlebihan sehingga menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Hal ini tidaklah keliru karena memang penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi yang salah satunya disebabkan konsumsi berbagai makanan tinggi kalori seperti makanan yang banyak mengandung gula dan lemak.

Namun jika ditilik lebih lanjut ternyata hal ini berpangkal pada masalah pada hormon insulin dimana tubuh tidak mampu untuk memproduksi insulin dalam jumlah cukup atau kalaupun diproduksi namun terjadi resistensi insulin. Padahal seperti yang diketahui hormon insulin lah yang berperan penting dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh sehingga sel-sel tubuh dapat menyerap dan mengolah gula darah atau glukosa. Jika hal ini tidak terjadi maka glukosa tidak dapat diserap dan diolah dengan baik sehingga terjadi penumpukan dan kenaikan kadar gula darah.

Sampai saat ini belum ada obat yang diklaim dapat menyembuhkan diabetes secara total. Yang bisa dilakukan adalah mengontrol dan mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil sehingga berbagai komplikasi diabetes seperti stroke, serangan jantung, disfungsi seksual, aterosklerosis, hipertensi, kerusakan saraf, kerusakan ginjal, hingga keguguran atau kelahiran mati pada wanita hamil bisa dihindari. Pengobatan yang dilakukan biasanya dengan menerapkan pola hidup sehat, rajin melakukan olahraga, terapi insulin, dan pemberian obat-obatan untuk menjaga kestabilan gula darah.

Selain cara medis ada pula cara alami untuk mengatasi diabetes yang telah dipercaya turun-temurun dapat menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Yaitu dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang ada di lingkungan sekitar seperti:

Jika anda penyuka pete maka bahan makanan ini dapat pula dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes secara alami. Manfaat pete untuk diabetes merupakan salah satu manfaat pete dari sekian banyak manfaat pete lainnya seperti manfaat pete untuk darah tinggimanfaat pete untuk asi, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Ya, pete atau petai yang dikenal dengan baunya yang cukup mengganggu ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk untuk mengatasi diabetes. Berbagai manfaat pete bagi kesehatan didukung oleh kandungan berbagai nutrisi penting yang dimilikinya seperti antioksidan, manfaat vitamin B1manfaat protein yang tinggi, manfaat serat, sedikit lemak, manfat kalium, kalsium, senyawa thioproline, dan manfaat fosfor.

Manfaat pete untuk diabetes diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga penderita diabetes dapat terhindar dari berbagai komplikasi peningkatan dan penumpukan gula darah. Hal ini didukung oleh rasa pete yang pahit serta kandungan vitamin B1 dan asam amino yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta membantu pelepasan insulin yang merupakan pengendali kadar gula darah. Tidak hanya biji pete yang bisa kita konsumsi, kulit pete pun dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah sehingga ada baiknya mengolah pete bersama kulitnya sehingga nutrisi pada kulit pete bisa didapatkan. Bisa juga dengan mengonsumsi air rebusan kulit pete untuk mendapatkan manfaatnya.

Meskipun manfaat pete untuk diabetes patut diperhitungkan namun bukan berarti anda dapat mengonsumsinya secara berlebihan. Biar bagaiamanapun memvariasikan bahan makanan yang dikonsumsi merupakan cara yang lebih baik untuk sehat. Selain itu diketahui bahwa konsumsi pete secara berlebihan dapat membahayakan ginjal sehingga konsumsilah pete secukupnya. Anda dapat memvariasikannya dengan berbagai bahan makanan lain yang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah sehingga terhindar dari berbagai komplikasi akibat diabetes.

Leave a Comment