breaking news New

Bina Karang Taruna, Bupati Balangan Dapatkan Penghargaan Adhitya Karya Mahatva Yodha 2019

PARINGIN – Atas perhatian dan pembinaan yang diberikan kepada organisasi Karang Taruna di Bumi Sanggam, Bupati Balangan H. Ansharuddin diganjar apresiasi Adhitya Karya Mahatva Yodha Award Tahun 2019 dari Menteri Sosial Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin kepada Bupati Balangan yang diwakili Sekretaris Daerah Balangan Ir. H. Ruskariadi, pada acara peringatan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Ke-58 Tingkat Nasional, di Gedung Sumpah Pemuda PKOR Wayhalim, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Sabtu (26/1/2019).

Turut menyaksikan prosesi penyerahan penghargaan ini, Ketua Umum Karang Taruna Nasional, Didik Mukrianto, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalsel Irwansyah, Ketua Karang Taruna Balangan Ardiansyah, para Kepala Daerah dan para pengurus Karang Taruna Se-Indonesia.

Dalam laporannya, Ketua Umum Karang Taruna Nasional, Didik Mukrianto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Kepala Daerah atas pembinaan Karang Taruna di daerahnya masing-masing, dan hal ini diungkapkan melalui diberikannya penghargaan atas jasa-jasa tersebut.

"Kami berharap agar pemerintah daerah mengoptimalkan keberadaan Karang Taruna sebagai penggerak kegiatan sosial dan membantu mengatasi permasalahan sosial. Kehadiran Karang Taruna di tengah-tengah masyarakat, juga untuk membantu masyarakat dan pemerintah di segala bidang pembangunan," ucap Didik.

Adapun Mensos RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, melalui Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin, mengingatkan kepada segenap anggota Karang Taruna dimanapun berada, tentang tantangan bangsa di era revolusi industri 4.0.

"Karang Taruna harus mempersiapkan diri menghadapi era serba digitial ini, serta memainkan peran penting di era revolusi industri 4.0. Karang Taruna  bisa berperan sebagai salah satu agen, kekuatan mental dan sosial kontrol dalam melaksanakan dan menghadapi revolusi  industri 4.0," ingat Mensos.

Sementara itu, Bupati Balangan H. Ansharuddin melalui Sekda Ir. H. Ruskariadi mengungkapkan bahwa penghargaan dari Karang Taruna Nasional ini adalah bukti keberhasilan dan kebersamaan Pemkab Balangan dengan Karang Taruna di seluruh Bumi Sanggam.

"Ini dilakukan sesuai visi dan misi Bupati Balangan untuk mensejahterakan masyarakat, melalui pemberdayaan sumber daya manusia, salah satunya dengan pemberdayaan organisasi Karang Taruna," tambah Ruskariadi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Karang Taruna Kalsel Irwansyah, yang menurutnya bahwa Bupati Balangan H. Ansharuddin memang layak menerima penghargaan tersebut, karena pembinaan yang dilakukannya memang sangat dirasakan para anggota Karang Taruna di Balangan.

"Pak Ansharuddin memang tepat untuk mendapatkan penghargaan ini. Perhatian dan pembinaan yang dilakukan beliau, selama ini sangat di rasakan, salah satunya adalah semakin tumbuh dan berkembangnya Karang Taruna di setiap desa di Balangan dengan berbagai kreatifitas dan kegiatan positif," beber Irwansyah.

Leave a Comment