breaking news New

Pemkab Balangan Raih Predikat B Atas LHE SAKIP 2018

PARINGIN – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB) memberikan Predikat B kepada Pemkab Balangan atas Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) Tahun 2018.

Penghargaan SAKIP 2018 tersebut diserahkan langsung MenPAN-RB Syafruddin kepada Bupati Balangan H. Ansharuddin pada acara SAKIP Award 2018 Pemerintah Daerah Wilayah II yang berlangsung di Ball Room Hotel Golden Tulip, Banjarmasin (6/2/2019).

Pada acara yang bertajuk "Making Change Making History" ini, juga dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, unsur FKPD Provinsi Kalsel, dan para Kepala Daerah penerima LHE SAKIP Wilayah II.

Dalam arahannya, MenPAN-RB Syafruddin mengatakan, mengapresiasi upaya dan perjuangan seluruh Kepala Daerah dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja di lingkungan pemerintahannya masing-masing.

"Birokrasi harus bertanggung jawab penuh dengan menajamkan dan memantapkan program kegiatan. Dengan SAKIP ini, akan menjawab program kegiatan apa saja yang dapat dirasakan masyarakat. Jangan hanya serapan APBD tinggi, tetapi juga harus berorientasi hasil," ujarnya.

Oleh karena itu, mantan Wakapolri ini mengajak seluruh Kepala Daerah dan para ASN untuk segera berubah dan berbenah untuk menguatkan sinergi dan optimisme dalam menjalankan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, sehingga amanah rakyat melalui anggaran negara dapat dimanfaatkan seluasnya untuk kemajuan bangsa.

"Merubah pola pikir seluruh ASN tidaklah mudah. Namun arus perubahan dalam tata kelola pemerintahan tidak bisa dibendung atau dihentikan, ia akan terus mengaliri nadi pemerintahan. Dan sekarang bukan saatnya kita berpangku tangan dan berdiam diri dalam menghadapi perubahan," ucap Syafruddin.

Sementara itu, Bupati Balangan H. Ansharuddin selepas menerima penghargaan mengatakan bahwa capaian SAKIP Kabupaten Balangan tahun 2018 meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai Predikat CC.

"Pada indikator kinerja utama Pemkab Balangan mengalami peningkatan dari CC menjadi B, karena sudah adanya penguatan SAKIP pada dokumen perencanaan, review oleh Inspektorat,  keselarasan perencanaan dengan penganggaran dan adanya inisiasi penyusunan regulasi penyusunan SAKIP serta kerjasama yang baik antar SKPD," terangnya.

Kedepan, capaian Predikat B atas LHE SAKIP ini diharapkan Ansharuddin, hendaknya dapat ditingkatkan lagi dan tentunya menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja seluruh SKPD karena SAKIP adalah salah satu instrumen untuk mempertanggungjawabkan kinerja pemerintah.

"Kita akan perkuat koordinasi tim kerja. Kita juga akan terus melakukan reformasi birokrasi dengan melakukan pembinaan dan monev secara terstruktur. Ini kita lakukan sebagai bagian dari tugas pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Bumi Sanggam," pungkas Ansharuddin.

Leave a Comment