breaking news New

Peringatan Puncak Hari Jadi Ke-16 Kabupaten Balangan

PARINGIN – Dibuka dengan penampilan Tarian "Puteri Bulan" acara Peringatan Puncak Hari Jadi Ke-16 Kabupaten Balangan Tahun 2019 yang mengangkat tema "Bagawi Nyata, Pembangunan Merata, Pemilu Damai Tercipta, Banua Sanggam Tertata" berlangsung meriah.

Ribuan undangan terlihat antusias mengikuti rangkaian demi rangkaian acara yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Balangan, Senin (8/4/2019). Nampak hadir pula Sekdaprov Kalsel H. Abdul Haris Makkie, Bupati Balangan H. Ansharuddin, unsur FKPD, Sekda Balangan Ir. H. Ruskariadi, Ketua PPKB HM. Yusuf dan sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Setelah pembacaan Ayat-ayat Suci Al Qur'an, Ketua PPKB HM. Yusuf berkesempatan membacakan Sejarah Singkat terbentuknya Kabupaten Balangan yang diawali sejak Resolusi Pertama pada tahun 1963 hingga Resolusi Ketiga tahun 1999 yang membuahkan hasil didirikannya Kabupaten Balangan pada tanggal 8 April 2003.

Selanjutnya, Bupati Balangan H. Ansharuddin menyampaikan laporannya yang diantaranya menyebutkan sejumlah penghargaan dan apresiasi dari berbagai pihak sepanjang tahun 2018, sebagai bukti keberhasilan program-program pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Balangan.

Berbagai keberhasilan tersebut juga mendapat apresiasi dari Gubernur Kalsel dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekdaprov Kalsel Drs. H. Abdul Haris Makkie, M.Si. Gubernur Kalsel juga mengajak seluruh masyarakat Balangan untuk terus mendukung upaya Pemkab Balangan dalam membangun Bumi Sanggam.

Pada kesempatan ini, Bupati Balangan H. Ansharuddin juga menerima bantuan CSR dari sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Balangan, yang selanjutnya diserahkan kepada masing-masing penerima CSR.

Bantuan tersebut, yakni dari PT. Adaro Indonesia berupa dana CSR untuk infrastruktur sebesar Rp. 360 juta, PT. SIS sebesar Rp. 469 juta, PT. BUMA sebesar Rp. 100 juta. Lalu penyerahan simbolis bantuan dana CSR tahun 2019 dari PT. Adaro Indonesia senilai Rp 12 miliar, Bank Kalsel Paringin senilai Rp. 434 juta, BRI KCP Paringin 1 buah kontainer dan 3 buah motor roda tiga pengangkut sampah.

Kemudian Bupati Balangan H. Ansharuddin, secara simbolis menyerahkan bantuan untuk 400 siswa-siswi SLTP dan SLTA sederajat, melalui program Baznas Kabupaten Balangan sebesar Rp. 80 juta, serta bantuan untuk mushala Ponpes Al Hasanah Layap Paringin sebesar Rp. 5 juta.

Tak ketinggalan, dua atlet NPC juga mendapatkan bonus atas prestasinya mengharumkan nama Balangan di tingkat nasional dan internasional, yakni Triagus atlet Balap Sepeda dan Nor Aimah atlet Renang. Keduanya masing-masing mendapatkan bonus Rp. 25 juta.

Disaksikan Sekdaprov Kalsel, Bupati Balangan juga melakukan penandatanganan prasasti pembangunan sejumlah infrastruktur, diantaranya gedung Kantor Balitbangda, peningkatan kantor Dinas Sosial, Perpustakaan Percontohan Desa Sumber Agung, Perpustakaan kecamatan Paringin, Poskesdes Suryatama dan Sungsum, gedung Aula Pertemuan Disnakertrans, kantor Balai Latihan Kerja, dan jembatan Kambiain, serta penandatanganan MoU SP2D Online antara Pemkab Balangan dengan direktur kepatuhan Bank Kalsel.

Rangkaian acara ditutup dengan launching lagu yang merupakan ide Bupati Balangan yakni “Pesona Balangan” ciptaan Egus Rivila. Lagu ini dinyanyikan oleh Anita, Rajud Phati dan Sona D'Academy Indosiar.

Leave a Comment