breaking news New

Bupati Kukuhkan Kelulusan Siswa SMAN 1 Paringin

PARINGIN – Dengan mengalungkan tali pitaran adi dan menyerahkan buku kelulusan, Bupati Balangan H. Ansharuddin didampingi Kepala Sekolah SMAN 1 Paringin H. Faturrahman, mengukuhkan kelulusan siswa-siswi kelas akhir. tahun ajaran 2018-2019.

Acara pengukuhan sekaligus perpisahan yang berlangsung di Halaman SMAN 1 Paringin, Kamis (18/4/2019) ini, juga dihadiri sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Balangan dan para orang tua maupun wali siswa siswi yang dikukuhkan.

Dalam laporannya sebelum prosesi pengukuhan, Kepala SMAN 1 Paringin H. Faturrahman menyampaikan bahwa pada tahun ajaran 2018-2019 ini, sekolah yang dipimpinnya mengukuhkan sebanyak 206 siswa siswi.

"206 siswa siswi yang kita kukuhkan kelulusannya pada hari ini merupakan kelulusan Angkatan Ke-41. Terdiri dari 109 siswa kejuruan IPA dan 97 siswa kejuruan IPS," terang Faturrahman.

Sementara itu, Bupati Balangan H. Ansharuddin dalam sambutannya mengimbau kepada siswa-siswi agar sebisa mungkin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, karena, dengan menuntut ilmu di perguruan tinggi, tidak hanya menyerap ilmu dan pengetahuan, tetapi juga memperluas wawasan dan belajar hidup mandiri.

"Kepada para orangtua/wali, saya juga mengimbau untuk memberikan dorongan dan dukungan sekuat tenaga agar anak-anaknya pergi kuliah. Kami rela anak-anak muda kami meninggalkan banua untuk menuntut ilmu dan mengasah diri di luar daerah, dengan harapan nanti kalian akan kembali dengan bekal ilmu, karakter dan kualitas diri yang mumpuni untuk dapat disumbangkan dalam membangun banua," tambahnya.

Disampaikan Ansharuddin, bahwa Pemkab Balangan juga memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar daerah, dimana pada tahun 2019 ini, telah dianggarkan total sebesar Rp. 4.887 milyar untuk 1.205 orang penerima.

"Yang rangking 1-3 dari hasil Ujian Nasional di SMAN 1 Paringin tahun ini, juga berhak mendapatkan beasiswa. Salah satu syaratnya, harus kuliah di luar daerah, supaya dapat menjalani pembelajaran hidup mandiri yang lebih kuat. Boleh di Banjarmasin, di Jawa, atau di luar negeri sekalipun," ujarnya.

Namun bagi siswa siswi yang terpaksa tidak bisa kuliah, Ansharuddin juga memberikan semangat agar jangan berputus asa dan pasrah saja, justru sebaliknya harus tetap belajar dan meningkatkan ketrampilan, serta memperkuat karakter positif dalam diri.

"Kita juga punya Balai Latihan Kerja (BLK). Di sana ada pelatihan berbagai macam ketrampilan kerja untuk putra-putri Balangan. Manfaatkan kesempatan itu. Intinya, peluang tetap terbentang luas di depan kalian. Begitu pula tantangan, siap menerkam kalian setiap saat. Tinggal bagaimana kalian membekali dan mempersiapkan diri menghadapinya," pungkas Ansharuddin.

Leave a Comment