breaking news New

Gelar Lomba Desa Pemkab Adakan Penilaian

Paringin - Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melaksanakan penilaian ke desa-desa dalam rangka penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Balangan, kegiatan rutin tahunan yang merupakan amanat dari Peraturan Kemendagri Nomor 81 tahun 2015 yang bertujuan untuk mengevaluasi pedesaan dan kelurahan.  Tim penilai melakukan penilaian pertama di Desa Gunung Riut, Kecamatan Halong, Rabu (10/4/2019).

Kegiatan penilaian ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Balangan beserta anggotanya, Kepala DPMD Kabupaten Balangan beserta tim penilai, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan dan desa beserta anggotanya.

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Balangan Urai Nor Iskandar yang juga selaku ketua tim penilai lomba desa menyampaikan tentang beberapa kriteria dalam penilaian di antaranya mempunyai profil desa 2 tahun terakhir, peraturan desa tentang RPJM Des, rencana kerja 2 tahun, Kemudian kelengkapan data administrasi dan informasi yang di butuhkan. Serta mempunyai dokumentasi dalam bentuk audio visual.

"Kalau untuk bidang yang dinilai antara lain yaitu bidang pemerintahan, palayanan dan kemasyarakatan," bebernya.

Di lain pihak, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Balangan Hj Nursidah Ansharuddin menanggapi permasalahan terkait pemasaran hasil kerajinan yang dibuat oleh masyarakat desa.

Menurut Nursidah, hasil kerajinan tangan dari masyarakat harus didaftarkan ke Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian setempat, agar dapat ditampilkan dipameran dan juga berkesempatan dipromosikan bukan hanya di desa/lokal dan hasil kerajinan ini akan menjadi promosi keluar daerah.

Tak lupa, Isteri orang nomor satu di Balangan ini berharap, seluruh masyarakat desa Gunung Riut dapat memanfaatkan momentum lomba desa ini sebagai motivasi dalam membangun desa.

"Tujuan lomba ini Untuk meningkatkan kemajuan desa bersama masyarakat," imbuhnya.

Untuk pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 16 April 2019 dan penyerahan hadiah pada tanggal 29 April 2019 pada saat apel gabungan hari Senin.

Kepada pemenang lomba dengan nilai terbaik akan mewakili Kabupaten Balangan di lomba tingkat provinsi pada tanggal 3 Mei 2019 nanti.

Dalam kesempan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Balangan juga menyerahkan 350 bibit tanaman untuk desa Gunung Rriut. Program pembagian bibit ini akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Balangan dengan jumlah keseluruhan sebanyak 3000 bibit untuk 8 desa yang mana masing-masing Kecamatan hanya satu desa saja yang berhak menerima bantuan ini. Sedangkan untuk bibit yg dimaksud antara lain bibit tomat, cabe dan terong.

Untuk desa-desa lainnya yang akan dinilai berikutnya diantaranya Desa Langkap Kecamatan Tebing Tinggi, Desa Piayit Kecamatan Awayan, Desa Bata Kecamatan Juai, Desa Kandang Jaya kecamatan Lampihong, Desa Timbun Tulang Kecamatan Batumandi, Desa Panggung Kecamatan Paringin Selatan, dan Desa Layap Kecamatan Paringin. (MC Balangan/wanda)

Leave a Comment