breaking news New

Pembukaan Pasar Ramadhan 1440 H

PARINGIN – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Pemkab Balangan melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar Pasar Ramadhan atau yang sering dikenal dengan istilah pasar wadai.

Berada di Terminal Paringin, Pasar Ramadhan 1440 H, dibuka secara resmi oleh Bupati Balangan H. Ansharuddin, Senin (6/5/2019), ditandai dengan pengguntingan untaian melati oleh Ketua TP. PKK Balangan Hj. Nursidah Ansharuddin pada pintu gerbang pasar.

Turut hadir menyaksikan peresmian ini, unsur FKPD, Sekretaris Daerah Ir. H. Ruskariadi, Kepala Dinas Pariwisata H. Rody Rahmady Noor, S.Sos, M.AP serta sejumlah Kepala SKPD lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pariwisata H. Rody Rahmady Noor, S.Sos, M.AP menyampaikan bahwa tahun ini, ada tiga titik lokasi Pasar Ramadhan yang digelar jajarannya, yakni di Kecamatan Paringin, Kecamatan Halong dan Kecamatan Batumandi.

"Untuk Pasar Ramadhan di Kecamatan Paringin ini, kita menampung sebanyak 108 pedagang. Para pedagang yang berjualan tidak dipungut biaya, namun kita tetap mewajibkan agar selalu menjaga kebersihan pasar selama berjualan," terang Rody.

Sementara itu, Bupati Balangan H. Ansharuddin dalam sambutannya juga mengatakan bahwa penyelenggaraan Pasar Ramadhan merupakan tradisi positif, untuk memenuhi keperluan kaum muslimin dalam menyediakan menu dalam berbuka puasa sekaligus menjadi sarana melestarikan kekayaan kuliner, khususnya kuliner khas Balangan.

“Di Pasar Ramadhan kita dapat menemukan kuliner khas Banua yang mungkin jarang ditemui di waktu biasa. Oleh karenanya, kami juga berharap dengan adanya Pasar Ramadhan ini, masyarakat Bumi Sanggam dapat meningkatkan kecintaan terhadap kuliner, khususnya kuliner lokal di daerah kita," tambahnya.

Kepada para pedagang yang berjualan di pasar tersebut, Ansharuddin juga mengimbau agar selalu menjaga kebersihan, kenyamanan serta keindahan di lingkungan Pasar Ramadhan.

"Kami meminta kepada para pedagang untuk memperhatikan variasi produk makanan, stabilitas harga, kualitas bahan, ketertiban, dan yang paling utama adalah kebersihan tempat berjualan, sehingga memberikan kenyamanan kepada pembeli,” pinta Ansharuddin.

Usai meresmikan, Bupati Balangan H. Ansharuddin dan para tamu undangan lainnya, meninjau langsung ke semua stand Pasar Ramadhan, sambil membeli beberapa kuliner serta sesekali berdialog dengan para pedagang.

Leave a Comment