breaking news New

Peringatan Nuzulul Qur'an 1440 H

PARINGIN – Jajaran Pemkab Balangan memperingati Malam Nuzulul Qur’an 1440 H, yang bertempat di Mesjid Agung Al Akbar, Komplek Islamic Center, Paringin Selatan, Selasa (21/5/2019), dengan dihadiri ratusan jamaah.

Nampak hadir diantara jamaah, Bupati Balangan H. Ansharuddin, unsur FKPD, Sekda Ir. H. Ruskariadi, Kepala Kementerian Agama HM. Yamani, para Kepala SKPD, serta Penceramah KH. Bahran Jamil yang datang dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Malam Nuzulul Qur'an, diterangkan penceramah KH. Bahran Jamil dalam tausiyahnya, merupakan sebuah peristiwa dimana Nabi Besar Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT berupa ayat Al Qur’an. Disebutkannya, bahwa peristiwa besar dalam perjalanan sejarah umat Islam ini terjadi sekitar 15 abad yang lampau pada malam 17 di bulan suci Ramadhan.

”Turunnya Al Qur’an adalah petunjuk kepada semua makhluk untuk menuju ke jalan yang lurus. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita semua wajib untuk selalu membaca, menghafal dan memahami Al Qur'an. Serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” terang KH. Bahran Jamil.

Sebelumnya, Bupati Balangan H. Ansharuddin dalam sambutannya juga meminta, melalui peringatan Nuzulul Qur’an yang mengangkat tema dalam Kebersamaan Dalam Keberagaman (Perspektif Al-Quran) menjadi salah satu sarana untuk memperkuat ukhuwah.

"Kami selaku Pimpinan Daerah mengajak seluruh elemen yang ada di Kabupaten Balangan, mari kita tetap menjaga ukhuwah dan kerukunan antar sesama warga Balangan. Mari pererat silaturahmi. Kerukunan, kebersamaan dan situasi yang aman, damai dan kondusif tetap harus kita utamakan, harus bersama-sama kita jaga," ajaknya.

Ansharuddin juga mengharapkan, peristiwa Nuzulul Qur'an di bulan Ramadhan ini, dapat bermanfaat untuk lebih memahami petunjuk-petunjuk di dalam Al Qur'an yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam membina keluarga, membangun masyarakat, daerah dan bangsa.

"Tentu menjadi harapan kita semua, semoga bulan Ramadhan ini dapat kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperbaiki pemahaman kita mengenai ajaran dan petunjuk-petunjuk dalam Al Qur'an, serta meningkatkan implementasi atau pengamalannya dalam kehidupan kita," harap Ansharuddin.

Pada peringatan Nuzulul Qur'an 1440 H tersebut, juga dirangkai dengan penyerahan insentif oleh Bupati Balangan H. Ansharuddin kepada para Ustadz-Ustadzah Rumah Tahfidz Se-Kabupaten Balangan.

Leave a Comment