breaking news New

Balangan Raih Opini WTP Ke-6

PARINGIN – Setelah melalui tahapan-tahapan pemeriksaan, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Balangan Tahun Anggaran 2018 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

LHP dengan predikat WTP tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan Tornanda Syarifullah dan diterima oleh Bupati Balangan H. Ansharuddin didampingi Wakil Ketua DPRD Balangan Noor Iswan.

Penyerahan LHP yang berlangsung di Gedung BPK RI Perwakilan Kalsel, Rabu (22/5/2019), juga disaksikan oleh para Kepala Daerah, Inspektur dan Kepala Badan Keuangan Kabupaten/Kota Se-Kalsel.

Dalam arahannya, Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel Tornanda Syarifullah, menyampaikan bahwa pemberian opini dilaksanakan dengan profesional dan sudah mengacu kepada standar operasi pemeriksaan yang telah ditetapkan oleh peraturan Perundang-Undangan.

“Sesuai peraturan Perundang-Undangan, setelah LKPD anaudited di sampaikan, maka paling lambat 60 hari sesudahnya, BPK RI harus menyampaikan LHP kepada seluruh entitas yaitu Pemerintah Kabupaten/Kota," ujarnya.

Berdasarkan LHP dengan predikat Opini WTP tersebut, Tornanda Syaifullah juga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi, serta mengharapkan agar dapat dipertahankan di tahun mendatang.

"Kami mewakili segenap jajaran BPK RI berharap, dengan Opini WTP dapat memotivasi dan mendorong kinerja jajaran Pemerintah Daerah dalam pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik. Selain itu, Opini WTP ini hendaknya juga berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat kita di daerah," ucap Tornanda Syaifullah.

Sementara itu, Bupati Balangan H. Ansharuddin yang ditemui usai acara penyerahan LHP,  juga mengungkapkan rasa syukur dan berbangga atas kerja keras jajaran Pemkab Balangan dalam menata dan mengelola keuangan selama ini.

“Alhamdulillah, ini Opini WTP yang kita raih keenam kalinya. Berturut-turut sejak tahun 2014 lalu. Saya ucapkan terima kasih kepada segenap jajaran kita yang telah bekerja keras untuk mempertahankannya. Saya juga meminta, untuk terus meningkatkannya, sehingga tata kelola keuangan kita juga terus semakin baik," ucap Ansharuddin.

Selain Pemkab Balangan, Opini WTP juga diberikan BPK RI Perwakilan Kalsel kepada 12 Pemkab/Pemkot Se-Kalsel lainnya.

Leave a Comment