breaking news New

Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur Ramadhan 1440 H

PARINGIN – Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1440 H, Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Dewan Kesenian Balangan, pada tahun ini kembali menggelar Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur.

Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur yang berlangsung di Taman Sanggam Paringin ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Abdul Haris Makkie, M.Si, Jum'at (24/5/2019).

Hadir pula pada acara ini, Bupati Balangan H. Ansharuddin, unsur FKPD, Sekda Balangan Ir. H. Ruskariadi, Ketua Dewan Kesenian Balangan Drs. Husin, Kepala Dinas Pariwisata H. Rody Rahmady Noor, serta sejumlah Kepala SKPD lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Dewan Kesenian Balangan Drs. Husin menyampaikan, bahwa Festival Tanglong dan Lomba Bagarakan Sahur Ramadhan 1440 H dilaksanakan selama 3 malam dari 24 Mei hingga 26 Mei 2019 di Taman Sangam Paringin.

"Seperti tahun lalu, Tanglong hanya dipajang di tempat pelaksanaan dan tidak lagi diarak keliling kota. Begitu pula dengan atraksi Bagarakan Sahur, yang hanya ditampilkan di arena festival secara bergantian," terang Husin.

Meski tidak ada lagi arak-arakan seperti di daerah-daerah lainnya, namun masyarakat Bumi Sanggam terlihat antusias dengan digelarnya kegiatan tersebut, terbukti dengan dipadatinya lokasi Taman Sanggam Paringin oleh ratusan pengunjung.

Melihat animo masyarakat ini, Bupati Balangan H. Ansharuddin dalam sambutannya mengaku turut gembira, dan mengajak masyarakat untuk berperan serta dalam mendukung kegiatan-kegiatan positif, seperti halnya Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur.

"Kita semua berharap, selama pelaksanaan event ini, tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan yang dapat merusak citra positif dari kegiatan ini sendiri. Seperti perkelahian, konsumsi narkoba dan kegiatan negatif lainnya," harap Ansharuddin.

Sementara itu, Sekdaprov Kalsel Drs. H. Abdul Haris, M.Si dalam arahannya sesaat sebelum membuka kegiatan ini menyampaikan apresiasi, atas terselenggaranya Festival Tanglong dan Lomba Bagarakan Sahur.

"Selain untuk melestarikan tradisi budaya kita di Kalsel, kegiatan ini juga menjadi salah satu potensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Oleh karena itu, kami berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin, yang  kedepannya bisa dikemas dengan lebih menarik lagi, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi para pengunjung," katanya.

Festival Tanglong dan Lomba Bagarakan Sahur Ramadhan 1440 H dibuka secara resmi oleh Sekdaprov Kalsel didamping tamu undangan lainnya dengan memukul gong.

Leave a Comment