breaking news New

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019

PARINGIN – Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Hariyono dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Bupati Balangan H Ansharuddin selaku Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2019.

Upacara dengan mengibarkan Bendera Merah Putih ini berlangsung di Halaman Kantor Bupati Balangan, Sabtu (1/6/2019), serta dihadiri pula unsur Forkopimda, Sekda Ir H Ruskariadi dan para Kepala SKPD, serta peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI-Polri, ASN dan karyawan di Lingkungan Pemkab Balangan.

Lebih lanjut, Kepala BPIP RI Hariyono menegaskan bahwa berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan "Bhinneka Tunggal Ika".

"Merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tahun merupakan suatu keniscayaan. Kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara, sehingga bangsa Nusantara yang beragam, dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa," ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Hariyono juga mengharapkan kepada seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia, untuk terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

"Mari kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila," pungkasnya.

Leave a Comment