breaking news New

Pembukaan Bimbingan Manasik Haji 2019

PARINGIN – Memberikan pembekalan pengetahuan pelaksanaan ibadah haji, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan menyelenggarakan Bimbingan Manasik Haji kepada 129 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Balangan yang pada tahun 2019 ini akan berangkat ke Tanah Suci.

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji, secara resmi dibuka oleh Bupati Balangan H. Ansharuddin, di Mahligai Mayang Maurai, Griya Garuda Maharam, Paringin, Kamis (13/6/2019).

Hadir pula pada acara tersebut, unsur Forkopimda, Kepala Kemenag Balangan H. M. Yamani beserta jajarannya dan beberapa Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Balangan.

Dalam laporannya, Kepala Kemenag Balangan HM. Yamani menyampaikan, bahwa kegiatan Bimbingan Manasik Haji akan dilaksanakan kurang lebih selama 10 kali pertemuan.

"Manasik Haji tahun ini kita laksanakan dalam 10 kali pertemuan. Tempatnya pun nantinya berbeda-beda, salah satunya di halaman belakang Masjid Agung Al Akbar Balangan," terangnya.

Diungkapkan Yamani bahwa rangkaian Bimbingan Manasik Haji tersebut merupakan pembelajaran bagi seluruh JCH terkait rukun, sunah dan wajib dalam pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

"Kegiatan ini merupakan persiapan agar nanti pada di Tanah Suci, jamaah kita tidak kebingungan dalam menjalankan ibadah haji. Oleh karenanya, kami berharap para jamaah, jangan sampai ada yang absen dalam mengikutinya," harap HM. Yamani.

Bimbingan Manasik Haji ini juga mendapat perhatian dari Bupati Balangan H. Ansharuddin yang dalam sambutannya mengatakan, bahwa sangat penting bagi JCH untuk mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji.

“Pengetahuan tersebut sangatlah penting. Dalam melaksanakan ibadah haji, JCH hendaknya bisa mandiri. Tidak selalu bergantung kepada para pembimbing haji, karena tentunya para petugas tersebut personel dan waktunya juga terbatas,” katanya.

Dikatakan Ansharuddin pula bahwa ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan persiapan yang matang agar pelaksanan ibadah haji, nantinya benar-benar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Selain niat dan semangat keagamaan yang ikhlas, juga harus diiringi dengan persiapan fisik dan mental. Persiapan fisik bisa dilakukan mulai sekarang dengan olahraga ringan, seperti memperbanyak jalan kaki. Disamping berolahraga, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan," pungkas Ansharuddin.

Leave a Comment