breaking news New

Halal Bil Halal KMB Balangan dan Pejabat Pemkab

PARINGIN – Masih dalam suasana Idul Fitri 1440 H, Kerukunan Mahasiswa Balangan (KMB) Yogyakarta menggelar acara Halal Bihalal dengan jajaran Pemkab Balangan.

Adapun KMB Yogyakarta adalah wadah atau perkumpulan para mahasiswa-mahasiswi asal Kabupaten Balangan yang saat ini menuntut ilmu, berkuliah di Kota Yogyakarta, Provinsi DIY Yogyakarta, daerah yang terkenal dengan sebutan Kota Pelajar.

Kegiatan Halal Bihalal yang mengangkat tema "Marakatakan Nang Jauh, Marangkul Nang Parak", bertempat di Ballroom Hall, Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Jum'at (21/6/2019), dan dihadiri langsung Bupati Balangan H Ansharuddin didampingi Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah Ansharuddin.

Turut hadir pula pada acara ini, unsur Pimpinan DPRD Balangan, Sekda Balangan Ir H Ruskariadi, sejumlah Kepala SKPD,  Ketua KMB serta komponen mahasiswa Se-Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam laporannya Ketua KMB Yogyakarta Muhammad Nasirin menyampaikan bahwa para mahasiswa Balangan yang berkuliah di Yogyakarta total berjumlah 82 orang, terdiri dari 33 mahasiswa dan 49 mahasiswi.

"Dari jumlah tersebut, yang tinggal di Asrama Balangan khusus laki-laki saja sebanyak 19 orang. Sedangkan untuk perempuan, karena belum ada asrama, semuanya tinggal di kost atau rumah kontrakan," tambahnya.

Oleh karenanya, dengan berpantun Nasirin mengharapkan kepada Bupati Balangan agar dapat mempercepat realisasi pembangunan Asrama Putri di kota Yogyakarta.

“Burung merpati terbang melayang. Tarabang ampah ke Muara Ninian. Bapak Bupati nang kami sayang. Tolong ulahakan asrama babinian,” harap Nasirin yang langsung disambut tepuk tangan seluruh undangan.

Pantun harapan Ketua KMB Yogyakarta, tersebut mendapat tanggapan langsung dari Bupati Balangan H Ansharuddin yang dalam sambutannya mengatakan, bahwa pembangunan asrama putri juga sudah menjadi perhatian jajarannya.

"Untuk asrama putri di Kota Yogyakarta ini, Insya Allah kita akan menyewa dulu. Paling tidak mulai tahun ini," ujarnya.

Selain peningkatan asrama, baik di Yogyakarta maupun dibeberapa tempat lainnya itu, orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini juga memaparkan upaya Pemkab Balangan dalam mengembangkan sumber daya manusia, diantaranya pemberian beasiswa.

"Kita sudah memberikan beasiswa kepada 2.699 mahasiswa, baik didaerah, luar daerah bahkan ke luar negeri. Mahasiswa adalah penerima estafet kepemimpinan di Balangan. Oleh sebab itu, mahasiswa saya harapkan harus bisa bersikap kritis, kreatif dan komunikatif serta menguasai teknologi," ingat Ansharuddin.

Dalam acara Halal Bihalal ini juga dirangkai dengan sosialisasi tentang beasiswa dengan narasumber dari Dinas Pendidikan. Kemudian pada kesempatan ini, Bupati Balangan H. Ansharuddin dan Ketua KMB Yogyakarta Muhammad Nasirin juga saling bertukar cenderamata.

Leave a Comment