breaking news New

Pemkab Balangan dan Universitas Brawijaya Kerjasama Susun Tata Ruang

PARINGIN – Dalam rangka penyusunan peninjauan kembali Dokumen Rencana Tata Ruang, Pemkab Balangan melakukan kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin dengan Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS.

Penandatangan Nota Kesepahaman berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya, Malang, Senin (24/6/2019), dengan disaksikan Sekda Balangan Ir H Ruskariadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Ir Tuhalus dan sejumlah Kepala SKPD terkait lainnya.

Diungkapkan Bupati Balangan H Ansharuddin pada kegiatan ini bahwa peninjauan kembali tata ruang Kabupaten Balangan didasari karena sudah hampir enam tahun tata ruang yang ada belum pernah direvisi.

"Revisi ini perlu kita lakukan untuk lebih menyempurnakan dan menyesuaikan kembali tata ruang yang ada dengan kondisi Kabupaten Balangan saat ini,” ungkapnya.

Terkait Universitas Brawijaya yang dipilih sebagai pihak yang akan membantu dan bekerjasama dengan Pemkab Balangan, menurut Ansharuddin karena Universitas Brawijaya sudah memiliki kompetensi yang diperlukan untuk melakukan peninjauan ulang tersebut.

"Kami menilai, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota pada Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, dengan segala rekam jejak, potensi dan prestasinya, memiliki kompetensi untuk melakukan peninjauan ulang ini. Jurusan ini pula telah menjadi salah satu Sekolah Perencanaan terbaik di Indonesia," ujar Ansharuddin.

Kerjasama kedua belah pihak ini juga disambut baik Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS, yang mengaku turut senang dan bangga karena jajarannya bisa berpartisipasi dan terlibat dalam pembangunan di Kabupaten Balangan.

“Universitas Brawijaya selama ini sudah melakukan kerja sama dengan 798 institusi Se-Indonesia. Semoga kerja sama dengan Pemkab Balangan ini terus berlanjut dan ditingkatkan dengan kerjasama di bidang lainnya," harap Nuhfil Hanani.

Adapun Kepala Dinas PU-PR Ir. Tuhalus pada kesempatan ini juga menerangkan bahwa dinas yang dipimpinnya merupakan leading sektor yang akan menindaklanjuti kerjasama tersebut.

"Setelah proses Kesepahaman ini, tim dari Universitas Brawijaya akan turun langsung ke Balangan dan bersama-sama kita dari Dinas PU-PR, untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian dalam penataan lahan dan penataan ruang di Kabupaten Balangan," terang Tuhalus.

Pada kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman ini, juga dirangkai dengan saling tukar menukar cenderamata berupa plakat institusi, antara Bupati Balangan dan Rektor Universitas Brawijaya Malang.

Leave a Comment