breaking news New

Program Serasi, Balangan Dapat Jatah 2.000 Hektare

Paringin – Pemkab Balangan terus melakukan pembangunan dari sektor pertanian. Melalui Dinas Pertanian setempat, Rabu (3/7), dilaksanakannya Hari Lapang Tani yang berlangsung di Desa Kandang Jaya Kecamatan Lampihong sebagai terobosan dalam mencapai tujuan tersebut.

Kegiatan tersebut adalah dalam rangka sosialisasi pelaksanaan kegiatan Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).

Hadir dalam kegiatan ini Dandim 1001/Amuntai-Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi, Asisten III Pemkab Balangan Husaini, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalsel Syamsir, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan Rahmadi, Kasi Datung Kejari Balangan Januar Hapriansyah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan Rahmadi dalam laporannya mengungkapkan, di Kabupaten Balangan kegiatan Serasi ini difokuskan di Kecamatan Lampihong, untuk mengurangi kendala waktu dan akses pelaksanaannya.

“Kita mendapatkan jatah menggarap lahan seluas 2.000 hektare dalam program ini, sementara baru 1.600 hektare yang sudah ditetapkan, sisa 400 hektare lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalsel Syamsir mengatakan, sebelumnya total Kalsel mendapat jatah 250.000 hektare lahan.

Namun setelah disurvei pihaknya hanya bisa merealisasikan 120.000 hektare yang dibagi ke sembilan kabupaten, enam sebagai kabupaten utama dan tiga kabupaten pendamping.

“Setiap satu hektare lahan anggaran yang disediakan Rp4 juta untuk pembangunan saluran air guna mencukupi kebutuhan air di sawah,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 1001/Amuntai-Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi menegaskan, pihaknya akan mengawal kelancaran kegiatan Serasi ini dari awal hingga panennya nanti.

“Kita akan mengerahkan anggota sesuai kebutuhan dalam membantu petani, bahkan kalau perlu langsung turun ke lapangan ikut bercocok tanam,” katanya. (MC Balangan/Sgmk)

Leave a Comment