breaking news New

Penutupan Bimbingan Manasik Haji 2019

PARINGIN – Rangkaian Bimbingan Manasik Haji Tahun 2019 bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Balangan yang dimulai sejak pertengahan bulan lalu, akhirnya resmi ditutup Bupati Balangan H Ansharuddin.

Acara penutupan Bimbingan Manasik Haji yang berlangsung di Mahligai Mayang Maurai, Selasa (2/7/2019), turut dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Balangan HM Yamani, sejumlah pejabat, serta 132 orang JCH.

Dalam laporannya, Kepala Kemenag Balangan, HM Yamani menyampaikan bahwa selama pelaksanaan, Bimbingan Manasik Haji berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat diikuti seluruh JCH.

"Rangkaian-rangkaian pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang kita temui. Semua JCH dapat mengikuti, bahkan JCH tertua pun bisa mengikuti proses bimbingan dengan lancar," ujarnya.

Dirincikan Yamani, 132 orang JCH Kabupaten Balangan terdiri dari 72 orang perempuan dan 60 laki-laki, dengan usia JCH tertua berusia 82 tahun, dan termuda 26 tahun.

"JCH Balangan terbagi dalam dua Kloter melalui Embarkasi Haji Banjarmasin. 121 orang JCH berangkat dalam Kloter 16, dan 11 orang JCH dalam Kloter 19. Kloter 16 akan berangkat menuju Asrama Haji di Banjarbaru tanggal 28 Juli, sedangkan Kloter 19 tanggal 2 Agustus,” terang Yamani.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin berpesan kepada para JCH, agar pengetahuan yang didapat saat mengikuti Bimbingan Manasik Haji, bisa diterapkan dalam melaksanakan ibadah haji.

"Saya juga meminta agar para JCH terus berlatih, menambah ilmu secara mandiri, guna menyempurnakan apa-apa yang telah didapat selama mengikuti Bimbingan Manasik Haji," pintanya.

Dengan selesainya Manasik Haji, dikatakan Ansharuddin bahwa keberangkatan ke Tanah Suci tinggal menghitung hari, oleh karenanya para JCH diharapkan untuk memanfaatkannya dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

"Perbedaan cuaca adalah sesuatu yang sangat nyata. Oleh karena itu, saya berharap para JCH agar selalu menjaga kesehatan, karena itu akan menjadi modal utama saudara untuk melaksanakan dan menikmati keindahan ibadah haji," harap Ansharuddin.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, JCH tahun ini juga mendapat dukungan dari Pemkab Balangan, seperti pakaian seragam, konsumsi setibanya nanti dari Tanah Suci, dan transportasi dari Balangan ke Asrama Haji Banjarbaru maupun juga sebaliknya.

Leave a Comment