breaking news New

Bupati dan Ketua TP PKK Balangan Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

PARINGIN – Bupati Balangan H Ansharuddin dan Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah Ansharuddin mendapatkan Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi dari Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi tinggi terhadap Program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga).

Penghargaan Manggala Karya Kencana disematkan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani kepada Bupati Balangan yang diwakili Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (PPKB) Balangan, Akhmad Nasa’i pada Peringatan Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tingkat Nasional Tahun 2019 di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Sabtu (6/7/2019).

Sedangkan penghargaan Manggala Karya Kencana untuk Ketua TP PKK Balangan disematkan oleh Kepala BKKBN Pusat, Hasto Wardoyo, pada acara Malam Gala Dinner dan Ramah Tamah Harganas XXVI di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Jum'at (5/7/2019).

Dalam sambutannya pada acara peringatan Puncak Harganas XXVI Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani, menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat memberikan penghargaan untuk Program KKBPK sebagai bentuk apresiasi atas komitmen yang ditujukan bagi tokoh masyarakat yang telah berjasa mewujudkan program itu di daerahnya.

"Selamat kepada para penerima penghargaan. Kami berharap apresiasi yang diberikan bersamaan dengan peringatan Harganas ini, juga memberikan motivasi ke masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga sejahtera," ucap Puan Maharani.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin juga mengungkapkan syukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga mendapatkan Manggala Karya Kencana.

“Terima kasih kepada jajaran BKKBN, dan khusus kepada Dinas PPKB Kabupaten Balangan dan masyarakat Bumi Sanggam. Penghargaan ini adalah bukti kesuksesan kita semua yang selalu mendukung segala program dalam membina keluarga sejahtera dan keluarga berencana," ujar Ansharuddin.

Hal senada juga diungkapkan Ketua TP PKK Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin usai menerima penghargaan. Dia menegaskan akan terus menggandeng stakeholders dan mengedukasi masyarakat untuk memperhatikan pembangunan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, dengan menerapkan delapan fungsi keluarga secara optimal.

“Delapan fungsi tersebut adalah Agama, Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi dan Lingkungan,” terang Nursidah.

Leave a Comment