breaking news New

Panen dan Tanam Perdana Jagung Hibrida

PARINGIN – Sebagai wujud syukur atas keberhasilan menanam tanaman jagung hibrida, warga Desa Padang Raya, Kecamatan Halong, menggelar acara Panen sekaligus Tanam Perdana Jagung Hibrida yang dilakukan langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, Selasa (9/7/2019).

Turut Hadir dalam kegiatan ini, Dandim 1001 Amuntai/Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi, Kepala Dinas Pertanian Rahmadi S.Pt MS, Camat Halong dan sejumlah Kepala Desa, serta para pengurus kelompok-kelompok tani setempat.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian Balangan Rahmadi SPt MS menjelaskan, bahwa di tahun 2019, Kementerian Pertanian RI melalui APBN, telah memberikan dana alokasi pengembangan jagung hibrida melalui kegiatan perluasan areal tanam baru jagung seluas 5 ribu hektar, yang lokasinya tersebar di 4 kecamatan.

“Luas lahan yang menjadi lokasi panen perdana hari ini, seluas 4.355 hektar atau 80 persen yang dikelola oleh kelompok tani yang ada di Kecamatan Halong," terang Rahmadi.

Keberhasilan masyarakat Halong bertanam jagung hibrida, juga mendapat apresiasi oleh Bupati Balangan H Ansharudin yang dalam sambutannya turut mengucapkan syukur dan mengharapkan kedepannya, produksi jagung Hibrida khususnya di Balangan, dapat lebih meningkat lagi.

"Syukur Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan. Produksi sebesar 50 ton pada musim tanam ini tentunya bisa menambah penghasilan petani. Menurut data yang saya terima, Balangan di peringkat kedua Se-Kalimantan Selatan setelah Kabupaten Tanah Laut," ujarnya.

Ansharuddin mengharapkan, peningkatan produksi jagung nantinya akan dapat mempengaruhi sektor lainnya seperti, pertanian, perkebunan karet, dan perkebunan lainnya.

"Oleh karena itu, saya mengajak kepada para petani, agar lebih memanfaatkan lagi lahan-lahan kosong, baik untuk kegiatan pertanian maupun perkebunan," ajaknya.

Adapun terkait permintaan sejumlah petani pada acara ini tentang pengadaan pupuk, pompa air dan alat pertanian, Ansharuddin mengatakan bahwa hal tersebut akan menjadi perhatian pihaknya.

"Kepada Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, saya meminta untuk menindaklanjuti dan membantu menyelesaikan permasalahan petani kita," tegas Ansharudin.

Pada acara Panen sekaligus Tanam Perdana Jagung tersebut, juga dirangkai dengan Lomba Memipil Jagung. Selain mendapatkan hadiah berupa barang, para pemenang lomba juga mendapatkan hadiah uang yang secara spontan diberikan langsung Bupati Balangan.

Leave a Comment