breaking news New

Bupati Terima Penghargaan Pastika Parama

PARINGIN – Bupati Balangan H Ansharuddin menerima penghargaan Pastika Parama dari jajaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Djuwita F Moeloek, Sp.M (K)

Penghargaan Pastika Parama adalah penghargaan yang diberikan Kementerian Kesehatan RI kepada daerah, dan salah satunya Kabupaten Balangan, karena dinilai telah memiliki Peraturan Daerah dan mengimplementasikan kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Penyerahan penghargaan ini merupakan rangkaian acara pada Peringatan Puncak Hari Tanpa Tembakau Sedunia Tahun 2019 yang bertempat di Gedung Prof Dr Sujudi, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Peringatan Puncak Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019 dengan tema "Jangan Biarkan Rokok Merenggut Nafas Anda" tersebut, juga dihadiri perwakilan WHO, para Kepala Daerah penerima penghargaan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Erwan MKL S.KM, M.Kes, serta jajaran Dinas Kesehatan Se-Indonesia.

Dalam arahannya Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Djuwita F Moeloek, Sp.M (K) menegaskan bahwa kementerian yang dipimpinnya terus berupaya menekan jumlah perokok aktif.

"Program yang gencar dilakukan saat ini adalah sosialisasi dan penerapan KTR di sejumlah daerah di Indonesia. Oleh karenanya, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Balangan dan para Kepala Daerah lainnya atas kesungguhan dalam penerapan KTR," ucap Menteri.

Apresiasi dari jajaran Kementerian Kesehatan tersebut disambut baik oleh Bupati Balangan H. Ansharuddin yang pada kesempatan ini juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Balangan dan SKPD lainnya yang telah bekerja keras untuk menerapkan KTR.

"Syukur Alhamdulillah, akhirnya kita bisa meraih penghargaan ini sebagai wujud upaya kita bersama dalam menerapkan KTR. Tentunya hal Ini menjadi motivasi dan dorongan bagi kita untuk senantiasa menjaga lingkungan yang nyaman. Saya juga mengimbau, utamanya kepada SKPD-SKPD untuk memperhatikan KTR. Merokok boleh, tapi harus pada tempatnya," tegas Ansharuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Erwan MKL, S.KM, M.Kes, yang turut mendampingi Bupati Balangan mengatakan, bahwa Penghargaan Pastika Parama adalah capaian lebih tinggi setelah Penghargaan Pastika Parahita yang diperoleh Balangan pada tahun 2017 lalu sebagai daerah yang telah mengeluarkan Perda penerapan KTR.

"Target kedepan, kita akan berupaya untuk mempertahankan raihan penghargaan ini. Selain itu, kita juga akan memperluas wilayah cakupan KTR ini, seperti di tempat-tempat fasilitas umum dan tempat-tempat ibadah," papar Erwan.

Leave a Comment