breaking news New

Kabupaten Balangan Raih Penghargaan KLA 2019

PARINGIN – Kerja keras berbagai pihak memberikan dukungan pelayanan yang baik terhadap anak di Kabupaten Balangan mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Masyarakat dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI) berupa Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2019.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PPPA RI Prof Yohana Susana Yembise MA kepada Bupati Balangan H Ansharuddin, dalam rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019, di Hotel Four Points, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019),

Turut menyaksikan prosesi penyerahan penghargaan ini, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA Lenny N Rosalin, Kepala Dinas PPPA Balangan H Halidi, serta para Kepala Daerah dan Kepala Dinas PPPA Se-Indonesia.

Dalam laporannya, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Penghargaan KLA 2018 Lenny N Rosalin menyampaikan bahwa KLA merupakan kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

"Di tahun 2019 ini diberikan penghargaan KLA kepada 247 kabupaten/kota yang terbagi dalam lima kategori, yakni Pratama, Muda, Madya, Nindya dan Utama. Kabupaten Balangan termasuk salah satunya yang meraih penghargaan KLA kategori Pratama," terangnya.

Sementara itu, Menteri PPPA RI Prof Yohana Susana Yembise MA dalam arahannya juga menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur, Wali Kota dan Bupati yang menerima penghargaan KLA tahun 2019.

"Penghargaan KLA adalah penghargaan yang diberikan setiap tahun, untuk memacu Gubernur, Wali Kota dan Bupati untuk bekerja keras menjadikan daerahnya layak anak," ujarnya.

Yohana juga meminta kepada pemerintah daerah, agar lebih serius dan terus menerus memperhatikan urusan perempuan dan anak-anak.

"Pada tahun 2030 adalah target tercapainya Indonesia Layak Anak. Mendukung hal tersebut, perlu sinergitas dan kerja keras dari para Kepala Daerah termasuk koordinasi dan kerjasama antar SKPD," tegas Yohana.

Sedangkan Bupati Balangan H Ansharuddin yang ditemui usai diserahkannya tropy dan piagam KLA, mengungkapkan rasa syukur atas raihan penghargaan dan apresiasi yang didapat untuk Kabupaten Balangan.

"Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas PPPA Balangan, semua masyarakat dan stake holder yang terlibat dalam upaya memenuhi kesejahteraan anak di Bumi Sanggam, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan," ucapnya.

Diterangkan Ansharuddin bahwa Penghargaan KLA merupakan apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemkab dan masyarakat Balangan yang melakukan percepatan KLA dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan konkrit untuk pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

"Apresiasi dan penghargaan ini akan terus kita pertahankan dan tentunya akan kita upayakan untuk ditingkatkan ke tahapan atau kategori yang lebih tinggi lagi," tutup Ansharuddin.

Leave a Comment