breaking news New

3993 Anak Kabupaten Balangan Ikuti Karnaval Hari Anak

Paringin, InfoPublik - Keceriaan wajah anak-anak nampak terlihat saat Bupati Balangan H Ansharuddin bersama Isteri Hj Nursidah Ansharuddin melepas pawai Karnaval anak dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 dan Hari Anak Nasional, Selasa (20/8/2019).

Karnaval anak-anak yang dikhususkan untuk anak-anak PAUD dan TK se Kabupaten Balangan ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan setempat yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam rangka memperingati dan memeriahkan hari bersejarah Bangsa Indonesia yaitu 17 Agustus 1945 ini diikuti sedikitnya 3993 anak.

Ribuan anak-anak yang memakai berbagai macam jenis pakaian profesi dan pakaian adat berbagai daerah nampak gagah, lucu serta unik. Mereka berakting bagaikan seorang yang mencerminkan karakter profesi pakaian yang mereka kenakan.

Selain dihadiri Bupati Balangan berserta Isteri yang juga selaku Bunda PAUD Kabupaten Balangan, juga dihadiri oleh Dandim 1001 Amuntai Balangan, Kepala Dinas Pendidikan setempat, Kepala Kankemenag Balangan, Kepala BNNK Balangan, Kapolsek.

Karnaval ini digelar juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mengenang jasa-jasa para pejuang yang mengorbankan diri untuk kemerdekaan Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Balangan H Ansharuddin mengajak para orang tua agar lebih memperharikan perkembangan anaknya. Agar tumbuh kembang anak lebih terarah dan membuat masa depannya cerah.

Anak-anak menurut Anshar, harus selalu sehat, rajin, kreatif dan belajar untuk meningkatkan kualitasnya. Sedangkan para orang tua, pemerintah dan pihak terkait wajib membekali anak-anak dengan akhlak mulia, kemandirian, motivasi, dan memfasilitasi kreatifitas mereka.

"Itu adalah salah satu kewajiban kita sebagai orang tua, kita harus membekali mereka demgan hal itu,"ujarnya.

Anshar juga berpesan kepada para orang tua agar jangan segan untuk melarang anaknya bermain gadget. Orang tua harus waspada kepada anaknya yang bermain gadget kalau sampai terlampauh jauh. Kerana tanpa batasan dan pengawasan, anak-anak bisa salah dalam memilih konten atau aplikasi yang bisa merusak pikiran, mental, dan psikologinya.

Disisi lain, orang tua juga harus bijak dalam memberikan hak kepada anak-anak. Seperti hak mendapatkan pendidikan, rasa aman, mengembangkan diri lebih baik, dan bermain.

"Intinya perhatian dan kasih sayang orang tua kepada anaknya harus lah diberikan sebanyak mungkin, untuk menciptakan masadepan anak kita, anak bangsa yang cerah dan berguna bagi kehidupannya kelak," ujarnya.

Disamping itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan H Sulaiman Kurdi mengucapkan selamat Hari Anak Nasional, dan berharap generasi dikabupaten Balangan bisa berakhlak muli, berpendidikan, dan selalu mengenang jasa para pejuangnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Balangan Hj Nursidah Anaharudsin terus memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak yang mengikuti Karnaval Anak ini.

"Senang rasanya melihat senyum yang keluar dari bibir anak-anak kita ini, seperti sebuah lambang keceriaan dan kebahagiaan mereka dan itu bisa memberikan semangat kepada para orang tuanya,"imbuhnya.(MC Balangan)

Leave a Comment