breaking news New

Disdukcapil Balangan Terbitkan Kartu Identitas Anak

Paringin – Belum lama ini Bupati Balangan menyerahkan kartu identitas anak secara simboleh disela-sela acara peringatan hari kemerdekaan republik Indonesia Ke-74 di halaman gedung secretariat daerah Kab. Balangan. Ini menandakan Program pemberian Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Balangan sudah mulai dilaksanakan. Hingga saat ini setidaknya sudah ada 1144 lembar kartu yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Penyerahan KIA ini secara simbolis dilakukan oleh Bupati Balangan Ansharuddin, saat upacara 17 Agustus 2019 lalu yang bertempat di halaman Kantor Bupati.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Balangan, Hifziani, Selasa (20/8/2019), KIA yang jadi prioritas diterbitkan pertama yaitu untuk anak yang berusia di bawah 17 tahun. Utamanya para pelajar yang ada di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Setidaknya ada 4000 blanko yang kami sediakan, tapi baru bisa dicetak sebanyak 11440, perlu proses,” ujarnya.

Hifzi menargetkan di tahun 2019 ini untuk penerbitan KIA bisa mencapai 90 persen dari total jumlah anak yang masuk usia pembuatan KIA. Sementara dari data yang ada hingga Desember 2018, untuk jumlah anak yang masuk usia KIA di Kabupaten Balangan mencapai sekitar 46 ribu jiwa.

Dijelaskannya juga, penerbitan KIA ada dua macam berdasarkan dari kelompok umur, yakni di bawah lima tahun dan di atas lima tahun. Untuk yang berumur di bawah lima tahun KIA tidak disertai foto diri si anak, sedangkan yang di atas lima tahun sampai di bawah usia KTP akan disertai dengan foto diri.

Bupati Balangan Ansharuddin mengharapkan, program ini bisa menjadi salah satu prioritas Disdukcapil untuk direalisasikan, karena merupakan program turunan dari pemerintah pusat.

“Tentu banyak sekali manfaat yang didapat ketika anak memiliki kartu identitas. dihimbau kepada para orang tua yang merasa anaknya belum memiliki, silakan melapor ke kantor Disdukcapil setempat,” imbuhnya. (MC Balangan/sgmk)

Leave a Comment