breaking news New

Bupati Balangan Pantau Langsung Pilkades Serentak

PARINGIN – 105 desa di 8 kecamatan Se-Kabupaten Balangan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak, Rabu (7/8/2019). Sebanyak 344 orang Calon Kepala Desa berkompentesi dalam Pilkades ini.

Memastikan Pilkades berjalan lancar, Bupati Balangan H Ansharuddin turun ke sejumlah desa untuk memantau langsung pelaksanaannya. Turut mendampingi Kajari Balangan Tommy Kristanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Urai Nur Iskandar dan beberapa Kepala SKPD lainnya.

Disela kegiatan tersebut, Ansharuddin mengungkapkan bahwa kunjungannya ke desa-desa untuk melihat langsung pesta demokrasi Pilkades dan memastikan pelaksanaannya berjalan lancar, tertib dan aman.

"Saya tekankan kepada para petugas pemungutan suara, agar bersikap netral. Tidak memihak kepada kandidat tertentu. Dan sudah seharusnya dapat menetralisir gejolak-gejolak selama pelaksanaan Pilkades ini berlangsung," tegasnya.

Kepada seluruh masyarakat, Ansharuddin juga meminta untuk dapat menggunakan dan menyalurkan hak suaranya, karena peran serta masyarakat sangat penting bagi kemajuan desa.

"Saya berharap, masyarakat menyadari bahwa Pilkades adalah pesta demokrasi. Pilkades adalah sarana kita dalam mencari dan memilih pemimpin di desa kita. Beda pendapat merupakan hal yang wajar, namun yang terpenting adalah, masing-masing kita harus bertanggung jawab menjaga keamanan desa," harapnya.

Di setiap kunjungan ke beberapa TPS, orang nomor satu di kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam ini juga memberikan pengarahan kepada Calon Kepala Desa agar siap menerima apapun hasil dari penghitungan suara.

"Saya ingatkan kepada para Calon Kepala Desa agar siap menang dan siap kalah. Yang menang hendaknya bersyukur dan jangan sombong. Sedangkan yang kalah, hendaknya dapat berbesar hati, dan nantinya harus menghormati jalannya pemerintahan Kepala Desa terpilih," ingat Ansharuddin.

Adapun, pelaksanaan Pilkades Serentak ini terpantau aman serta berjalan lancar dan tertib. Untuk pengamanan Pilkades, selain dilakukan anggota dari Polres Balangan dan Kodim 1001/Amuntai-Balangan, pengamanan juga dilakukan masyarakat setempat.

Leave a Comment