breaking news New

Peringatan HUT Ke-74 RI Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2019

PARINGIN – Pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Balangan, yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Balangan, Paringin Selatan, Sabtu (17/8/2019), terpantau berjalan khidmat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Bupati Balangan H Ansharuddin, dengan peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI-Polri, ASN dan pelajar serta sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Pada upacara ini, hadir pula Ketua DPRD Sementara Ahsani Fauzan, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Hj Nursidah, para Veteran dan Janda Veteran, serta para Kepala SKPD.

Tepat pukul 10.00 WITA, naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ketua DPRD Sementara Ahsani Fauzan yang sebelumnya diperdengarkan bunyi sirene selama 30 detik. Sedangkan Pembacaan Do'a, dipimpin langsung oleh Kepala Kamenag Balangan Drs HM Yamani.

Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh 43 anggota Paskibra Balangan yang menggunakan barisan dengan formasi tulisan NKRI. Bendera Merah Putih diserahkan oleh Bupati Balangan kepada anggota Paskibra pembawa baki yakni Zetna Elma, pelajar putri Kelas XII MAN 3 Balangan.

Selanjutnya, Bendera Merah Putih diserahkan lagi ke petugas pengibar bendera yakni Ahmadi Nazwan, pelajar putra Kelas XI SMA 2 Paringin, Rafli Rapindi, pelajar putra Kelas XII SMA 1 Paringin, dan Ramadani Narang pelajar putra Kelas XII SMA 1 Halong.

Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ini juga dirangkai dengan penyerahan simbolis Penghargaan Satya Lencana Karyasatya 10, 20 dan 30 tahun kepada 3 orang perwakilan ASN serta penyerahan sejumlah penghargaan dan lomba lainnya.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Balangan H Ansharuddin dan tamu undangan lainnya, menggelar acara Ramah Tamah dengan Veteran dan Janda Veteran.

 

Upacara Aubade dan Penurunan Bendera

 

Pada sore harinya, tepat pukul 17.00 WITA, ditempat yang sama, juga digelar Upacara Aubade dan Penurunan Bendera Merah Putih yang merupakan rangkaian penutup dari peringatan HUT Ke-74 RI.

Upacara diawali dengan dinyanyikannya beberapa buah Lagu Nasional untuk menggugah semangat kebangsaan, yang dibawakan secara apik oleh Paduan Suara Pelajar  SMKPPN.

Prosesi penurunan bendera oleh Paskibra Balangan yang menggunakan barisan dengan formasi bertuliskan angka 74, berjalan dengan lancar.

Bendera Merah Putih yang diturunkan, dibawa oleh anggota Paskibra yang bertugas sebagai pembawa baki yakni Susilawati, pelajar putri Kelas XI SMA 2 Halong, dan selanjutnya diserahkan kepada Inspektur Upacara, yakni Wakil Bupati Balangan H Syaifullah.

Dalam rangka memperingati HUT Ke-74 RI, jajaran Pemkab Balangan sebelumnya juga menggelar beberapa kegiatan, yakni Shalat Hajat di Masjid Al Akbar, Upacara Taptu dan Pawai Obor di Kota Paringin, serta Renungan Suci di Makam Pahlawan Aseri, Kecamatan Juai.

Leave a Comment