breaking news New

Peringati HSN 2019, BPS Balangan Gelar Lomba Matematika dan Statistika

Paringin - Dalam rangka memeringati Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 26 September, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Balangan mengelar Lomba Matematika dan Statistika tingkat pelajar SLTA sedarajat se Kabupaten Balangan, Selasa (24/9/2019).

Lomba yang berlangsung di aula gedung mayang maurai ini diikuti 276 pelajar yang berasal dari seluruh SLTA sederajat se Bumi Sanggam.

Kepala BPS Balangan Dedy Winarno menyampaikan, lomba Matematika dan Statistika ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari Statistik Nasional 2019.

Selain itu,  lomba ini juga dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kecintaan dan daya saing siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Balangan terhadap bidang perstatistikaan dan matematika.

Terlebih selama ini,  pelajaran matematika oleh sebagian besar siswa di sekolah dianggap momok sebab salah satu mata pelajaran tersulit.

Semoga melalui kegiatan ini para pelajar yang ikut dalam lomba makin tertarik dan termotivasi pelajaran matematika dan bidang statistik.

"Kedepan kita juga berharap ada para pelajar asal Balangan yang masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dimana STIS merupakan merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik,” harapnya.

Terlepas dari itu, lanjut Dedy, lomba ini juga merupakan salah satu wujud nyata BPS Kabupaten Balangan dalam ikut serta mewujudkan Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, yaitu “Terwujudnya Kabupaten Balangan Yang Maju Dan Sejahtera Melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia”

Dimana kegiatan ini, menurut dia, bentuk peran serta pihaknya dalam mendukung salah satu Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan.

“Lomba Matematika dan Statistika ini merupakan salah satu sarana untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMA/Sederajat di Kabupaten Balangan dalam mengembangkan kemampuan akademiknya, khususnya di bidang matematika dan statistika,’’ bebernya.

Bagi para peserta yang nanti menjadi juara,  akan diikutsertakan lagi dalam perlombaan yang sama namun ditingkat Provinsi Kalsel mewakili BPS Balangan.

“Dengan ada jenjang perlombaan ini, tentu menjadi salah satu kesempatan bagi pelajar Balangan untuk dapat menunjukkan kemampuannya dan membuktikan bahwa mereka memiliki kapabilitas dan daya saing tinggi yang tak kalah dengan siswa dari kabupaten/kota lain,’’ katanya. (MC Balangan)

Leave a Comment