breaking news New

Bupati Balangan Roads To Kampung

PARINGIN – Mensosialisasikan program-program pembangunan sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat, jajaran Pemkab Balangan yang dipimpin langsung Bupati Balangan H Ansharuddin mengadakan kegiatan "Roads to Kampung."

Kegiatan yang dijadwalkan dua hari  berturut-turut, terlihat mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang beramai-ramai mendatangi lokasi kegiatan yaitu Desa Matang Hanau dan Desa Transmigrasi Lajar Papuyuan, Kecamatan Lampihong.

Pada hari pertama kegiatan Bupati Roads to Kampung, Jum’at, (13/9/2019), dipusatkan di Halaman Kepala Desa Matang Hanau, sejumlah kegiatan digelar, diantaranya beberapa pelayanan gratis, seperti pelayanan Kesehatan, Pelayanan KTP maupun KK, Pelayanan BPJS, Pelayanan KB dan PBB-P2, serta Perpustakaan Keliling.

Di malam harinya, dilaksanakan acara Saprah Amal atau penggalangan dana untuk pembangunan Langgar Al Mukarammah, Desa Matang Hanau. Dalam Saprah Amal tersebut Bupati Balangan H Ansharuddin didaulat sebagai juru lelang untuk menjual barang-barang yang berasal dari sumbangan warga, seperti kue, lamang dan buah-buahan. Dengan kepiawaiannya, Ansharuddin dapat mengumpulkan dana total sebesar Rp. 156 juta pada kegiatan tersebut.

Keesokan harinya, Sabtu (14/9/2019), kegiatan dilanjutkan dengan sejumlah acara yang sudah diagendakan, yakni Sunatan Massal, Bedah Rumah, Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH), serta penyerahan bantuan dari Bank Kalsel berupa tas dan buku sekolah untuk siswa SD Desa Trans Lajar Papuyuan.   

Suasana terlihat hangat pada acara Sunatan Massal ketika Bupati Ansharuddin didampingi Ketua TP PKK Hj Nursidah memberikan semangat kepada anak-anak yang disunat. Tak hanya itu, Ansharuddin juga memberikan hadiah dan secara langsung mengenakan sarung kepada anak yang telah selesai disunat.

Di Desa Trans Lajar Papuyuan sebanyak 16 KK mendapatkan bantuan Bedah Rumah yang merupakan program dari Dinas Perkim Balangan. Bantuan perbaikan rumah senilai Rp 30 juta dan Rp 17,5 juta, tergantung tingkat kerusakan yang dialami, diserahkan langsung oleh Ansharuddin kepada warga.       

Selain itu, beberapa warga Trans Lajar Papuyuan lainnya, juga menerima bantuan RS-RTLH dari Dinas Sosial setempat. Sebagai tanda dimulainya rehab rumah, Ansharuddin secara simbolis melakukan proses pembongkaran di salah satu rumah warga.        

Saat ditemui awak media disela kegiatan ini, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan rasa senang atas pelaksanaan Bupati Roads to Kampung yang berjalan dengan baik dan lancar. Orang nomor satu di Kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam ini mengaku sangat terkesan dengan antusias masyarakat pada kegiatan ini. 

“Kami dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Disini kami juga mendengar langsung aspirasi masyarakat. Kegiatan Bupati Roads to Kampung adalah program pertama kalinya di tahun 2019 ini, dan akan kami lanjutkan di kecamatan-kecamatan lainnya,” ujar Ansharuddin.

Mempererat silaturahmi antara masyarakat dan jajaran pemerintah, juga dilakukan kegiatan olahraga bersama seperti volly dan bulu tangkis serta Bagalau Iwak atau mencari dan menangkap ikan bersama-sama secara tradisional dengan turun langsung ke sungai.

Leave a Comment