breaking news New

MTQ XIII Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2019

PARINGIN – Ditandai dengan pemukulan Bedug oleh Bupati Balangan H Ansharuddin dan pelepasan balon oleh Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah di Arena Panggung Utama Lapangan Bumi Daya Lampihong, event tahunan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XIII Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2019 resmi dibuka pelaksanaannya dan Kecamatan Lampihong dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara.

Camat Lampihong Fitrana Wijaya yang sekaligus Ketua Umum Panitia Pelaksana, mengungkapkan bahwa MTQ XIII digelar selama 3 hari berturut-turut, dari tanggal 21 sampai dengan 23 September 2019, dan diikuti sebanyak 474 orang kafilah dari 8 kecamatan Se-Kabupaten Balangan yang akan berlomba di 40 cabang untuk kategori putra dan putri, diantaranya Cabang Lomba Tilawah, Tartil, Tahfiz, Tafsir, Khattil, Syahril dan cabang Fahmil, serta Pawai Taaruf.

Ditambahkan Fitrana, kegiatan MTQ XIII, selain dipusatkan di Lapangan Bumi Daya, juga dilaksanakan di beberapa tempat, yakni Mesjid At Taqwa, Langgar Haqul Yaqin, Langgar Hidayatussalam, SMA 1 Lampihong, SDN Simpang Tiga, dan SDN Lampihong Kanan.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin juga mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan wadah berkumpul bagi para qori’ dan qori’ah untuk mempererat silaturahmi, memperkuat ukhuwah serta memperluas persaudaraan, sekaligus dalam moment tersebut, para kafilah datang untuk saling berlomba dan mengejar prestasi dalam seni baca Al Qur’an, serta pemahaman akan isi kandungannya.

Dengan pelaksanaan MTQ disetiap tahun, diharapkan Ansharuddin akan terjadinya proses kaderisasi, regenerasi dan pembinaan terhadap insan-insan yang handal dan kompetitif, sehingga didapatkan peningkatan kemampuan dan kualitas pada sumber daya manusia dari Balangan sendiri.

Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Lampihong, Ansharuddin juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan, atas dukungan dan partisipasi dengan menjadi tuan rumah yang baik selama berlangsungnya MTQ.

Adapun yang menjadi Juara Umum Perorangan pada MTQ XIII tersebut adalah Zain Jamaluddin dari Kecamatan Paringin. Sedangkan Juara Kecamatan, untuk Juara Pertama diraih oleh Kecamatan Batumandi, Juara Kedua Kecamatan Awayan dan Juara Ketiga diraih Kecamatan Lampihong.

Sedangkan untuk pelaksanaan MTQ XIV Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2020 mendatang, sebagaimana keputusan Rapat Kerja LPTQ Kabupaten Balangan, akan dipercayakan kepada Kecamatan Batumandi untuk menjadi tuan rumah.

Leave a Comment