breaking news New

PPID harus memiliki pengetahuan teknis

PARINGIN - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada di setiap SKPD Kabupaten Balangan, mengikuti workshop selama empat hari.

Workshop tentang tata kelola PPID Perananan kebijakan Transparansi Data dan Informasi Publik dalam Implementasi Good Governance ini dilaksanakan mulai Rabu (09/10/2019) hingga Sabtu (12/10/2019). Berlangsung di Hotel Artotel Jakarta dan menghadirkan beberapa narasumber untuk memberikan materi kepada Kepala SKPD,PPID pembantu dan admin yang menjadi peserta. Selain itu peserta workshop berkesempatan studi ke layanan PPID Provinsi DKI Jakarta.


Bupati Balangan yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. Syarif Ubaidullah  dalam sambutannya  mengatakan bahwa peran PPID sangat dibutuhkan dalam mendorong transparansi informasi publik, mereka harus faham mana informasi yang wajib diumumkan tanpa diminta dan mana informasi yang dikecualikan. Bahwa keterbukaan informasi publik memegang peranan yang sangat signifikan dalam pencegahan korupsi, sehingga harus terus ditingkatkan. PPID harus memiliki pengetahuan teknis yang diperlukan, termasuk dalm memutahkhiran daftar informasi public, hal mana harus dilakukan setidaknya satu kali dalam setahun. Antar PPID SKPD harus bisa dan rajin bersinkronisasi, baik secara mandiri maupun dengan fasilitasi dari PPID Utama.,”katanya.

Narasumber yang dihadirkan dari Komisioner Komisi Informasi Pusat, Syahyan. Dalam pemaparannya bahwa setiap badan public yang menggunakan dana bersumber dari APBN,APBD,sumbangan masyarakat dan luar negeri wajib melaksanakan transparansi informasi public, bahkan kosekuensi hukum dengan sengaja tidak melaksanakannya tercantum dalam Undang-undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut PPID Kab. Balangan berkesempatan untuk melakukan studi ke layanan PPID Provinsi DKI Jakarta. Rombongan diterima oleh Kabid. Komunikasi Publik dan Kasi. Layanan Informasi Publik Diskominfo DKI Jakarta. Kunjungan tersebut berlangsung penuh keakraban dan terjain diskusi yang menarik. Kabid. Komunikasi Publik Diskominfo DKI Jakarta, Reades menyampaikan PPID Prov DKI dibangun dengan dilator belakangi oleh segudang permasalahan dan sengketa informasi dan bahkan sempat sampai ke meja Bareskrim Polri. Saat ini PPID Prov DKI Jakarta mulai dikelola dengan baik karena tidak lepas dari dukungan penuh para pemimpin di daerah yaitu Gubernur dan seluruh Kepala SKPD, ”imbuhnya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Balangan, Syarif Ubaidillah, mengharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan workshop ini paling tidak dapat menyamakan persepsi semua PPID SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan. "Sehingga kedepannya PPID SKPD betul-betul mampu dan melaksanakan apa yang diamanahkan terhadap tugas dan tanggung jawabnya untuk mengelola informasi di masing-masing SKPD," ujarnya.

Leave a Comment