breaking news New

Ansharuddin Lantik 105 Kepala Desa

PARINGIN – Tugas Kepala Desa adalah memimpin masyarakatnya, yaitu mendorong dan mendukung masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam pembangunan, termasuk di dalamnya, aktif meningkatkan kesejahteraan diri, keluarga dan masyarakat sekitarnya. Demikian disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin pada acara Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan 105 orang Kepala Desa periode 2019-2025 dari delapan kecamatan se-Kabupaten Balangan.

Acara yang berlangsung di Mahligai Mayang Maurai, Paringin, Jum'at (27/9/2019) ini, juga dihadiri Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah, Sekda H Ruskariadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintah Desa Urai Nur Iskandar, dan para Kepala SKPD lainnya.

Lebih lanjut, Bupati Balangan H Ansharuddin mengingatkan bahwa masyarakat kini semakin kritis dan semakin tajam menyoroti kebijakan maupun tindak-tanduk pemerintah di semua tingkatan, termasuk Pemerintah Desa.

"Hal demikian adalah berkah sekaligus bukti keberhasilan, yaitu keberhasilan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Untuk diketahui, bahwa keaktifan masyarakat dalam mengawasi dan menilai pemerintah, melalui jalur dan media apapun, merupakan suatu bentuk keberdayaan," ujarnya.

Oleh karenanya, Ansharuddin meminta kepada para Kepala Desa dan segenap jajarannya, harus mengimbangi hal tersebut dengan kinerja yang baik, bertanggung jawab dan transparan.

"Kita juga harus menjadi contoh yang baik. Artinya, pimpinan dan aparatur pemerintahan harus menjadi pihak pertama yang mentaati peraturan dan norma-norma sosial. Layanilah masyarakat dengan sebaik yang saudara bisa," pintanya.

Selain itu, Ansharuddin juga mengharapkan para Kepala Desa untuk terus berinovasi dalam batasan dan aturan yang berlaku, terutama dengan Dana Desa, agar betul-betul berhati-hati menggunakannya, dengan melibatkan masyarakat dalam semua tahapan, dari pengumpulan aspirasi hingga pertanggungjawaban, termasuk dalam pengawasan.

"Ini tidak saja menjaga saudara tetap sesuai aturan, tetapi sekaligus meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, sehingga secara keseluruhan mengarahkan masyarakat kepada kemandirian," harap Ansharuddin.

Usai melantik dan memberi arahan, Bupati Balangan H Ansharuddin dan para tamu undangan lainnya, berkesempatan menyalami dan memberikan ucapan selamat langsung kepada para Kepala Desa.

Leave a Comment