breaking news New

TMMD Ke-106

PARINGIN – Membantu percepatan pembangunan, kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali dilaksanakan oleh jajaran Kodim 1001 Amuntai-Balangan di wilayah Kabupaten Balangan.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin yang sekaligus menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Pembukaan TMMD Ke-106 di wilayah Kodim 1001 yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Halong, Rabu (2/10/2019).

Hadir pada upacara ini, Pa Ahli  Bidang Manejemen Kodam VI/MLW Kolonel Inf Abu bakar, Dandim 1001 Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi beserta unsur FKPD lainnya, Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah Ansharuddin, para Kepala SKPD dan peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI-Polri, ASN dan pelajar.

Dalam laporannya, Dandim 1001 Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya TMMD untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, sekaligus membantu program pemerintah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat.

"TMMD merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh TNI AD untuk membantu mensejahterakan masyarakat, melalui pembangunan baik bersifat fisik maupun non fisik. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama satu bulan ke depan," tambahnya.

Dijelaskan Dandim 1001, daerah sasaran TMMD kali ini, meliputi Dusun Mapat di Batu Sungkai, Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, yang merupakan komunitas adat terpencil, sehingga perlu dibangunnya akses jalan terdekat untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

"Pekerjaan TMMD ini mencakup sasaran fisik pokok antara lain menimbun sirtu sepanjang jalan sekitar 3.554 meter (3,5 kilometer) dengan lebar 1,4 meter, tinggi 15 cm ditambah cor beton sepanjang jalan 3.554 meter lebar 1,6 meter dengan tinggi 15 cm. Sasaran tambahan yakni bedah rumah sebanyak 2 unit, 1 unit untuk kegiatan bakti sosial, pengobatan massal khitanan massal, donor darah, pelayanan KB dan pasar murah," terang Dandim.

Program TMMD juga disambut baik oleh Bupati Balangan H Ansharuddin yang dalam amanatnya, mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menerima kehadiran para anggota TNI yang akan membantu membangun desa.

"Tentunya, program TMMD bukan untuk TNI semata, melainkan ditujukan kepada kenyamanan akses masyarakat setempat. Oleh karenanya, saya berharap masyarakat juga dapat berpartisipasi, bergabung dengan para tentara untuk bergotong-royong menyelesaikan pekerjaan TMMD," harap Bupati.

Selama TMMD berlangsung, juga mendapat perhatian dari jajaran pusat dengan kunjungan langsung Asisten Teritorial Kepala Satuan Angkatan Darat (Aster KSAD) Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari di lokasi kegiatan, Senin (14/10/2019).

Pengawasan dan evaluasi (Wasev) yang dilakukan Aster KSAD didampingi Danrem 101 Antasari dan Bupati Balangan, menyimpulkan bahwa pengerjaan berjalan normal.

Leave a Comment