breaking news New

Bupati Letakkan Batu Pertama Renovasi Pasar S. Lewan

PARINGIN – Pembangunan ekonomi terus diupayakan jajaran Pemkab Balangan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warganya, sesuai dengan visi dan misi Bupati Balangan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan merenovasi pasar agar dapat menarik minat pembeli yang tentunya meningkatkan geliat ekonomi masyarakat.

Menggandeng pihak swasta, yakni PT Adaro dan mitra kerjanya, Pemkab Balangan yang dimotori Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) melakukan renovasi Pasar S. Lewan yang berada di tengah Kota Paringin.

Renovasi Pasar S. Lewan dimulai pengerjaannya dengan ditandai peletakkan batu pertama oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, Jum'at (4/10/2019).

Turut menyaksikan prosesi ini, tokoh agama dan tokoh masyarakat, unsur FKPD, Sekda Balangan H Ruskariadi, jajaran PT Adaro, Kepala Dinas Perkim Akhriani dan para Kepala SKPD.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perkim Akhriani yang sekaligus sebagai Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pasar S. Lewan, menyampaikan, pada awalnya pasar tersebut hanya akan direnovasi ringan, namun karena kondisi tidak memungkinkan akhirnya diputuskan untuk renovasi total.

"Seiring dengan berjalannya waktu, bangunan yang ada sudah termakan usia dan tidak memungkinkan untuk direnovasi. Maka bangunan terdahulu kita bongkar seluruhnya untuk diganti dengan bangunan baru," terangnya.

Ditambahkan Akhriani, bahwa renovasi pembangunan pasar menelan biaya sebesar Rp 1.749.000.000 dari bantuan CSR PT Adaro, dan ditargetkan selesai pada Bulan Desember 2019.

"Insya Allah, sesuai rencana, Pasar S. Lewan akan rampung pada akhir tahun ini. Secepatnya juga akan difungsikan secara maksimal diawal tahun, dengan memindahkan pedagang lama dan pedagang baru pada bangunan yang sudah selesai," ujar Akhriani.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak terkait dalam pembangunan pasar ini.

"Pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat atas saran-saran yang masuk, yang kemudian diakomodir dengan membentuk tim percepatan, dan disambut oleh perusahaan PT Adaro, SIS, PAMA dan Buma melalui CSR untuk membiayai pembangunan," ujarnya.

Ansharuddin juga meminta partisipasi dan dukungan dari semua pihak, terutama dari masyarakat, untuk bersama-sama mengawal pembangunannya, dan kelak mengawasi pemanfaatannya, agar sama-sama dapat dirasakan hasil dari apa yang akan dibangun nanti.

"Kami berharap,  setelah terbangun pasar ini, nantinya dapat menarik minat masyarakat untuk berbelanja di pasar. Pasar S. Lewan juga akan dilengkapi dengan parkir elektronik, sehingga diharapkan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD)," harap Ansharuddin.

Leave a Comment