breaking news New

Khataman Qur'an Santri TPA BKPRMI Se-Kabupaten Balangan

PARINGIN – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Balangan menggelar prosesi Khataman Al Qur'an bagi santri Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA).

Kegiatan yang berlangsung Ruang Induk Masjid Al Akbar, Paringin Selatan, Rabu (23/10/2019), dihadiri langsung Bupati Balangan H Ansharuddin, unsur FKPD, Kepala Kementerian Agama HM Yamani, Ketua BKPRMI Balangan H Albani Abbas, dan sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Balangan.

Prosesi Khataman diawali dengan pembacaan Surah At Taubah oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, yang dilanjutkan dengan pembacaan Surah lainnya oleh perwakilan santri dari masing-masing kecamatan secara bergantian, dengan diikuti seluruh santri peserta Khataman.

Pada kesempatan ini, Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya melihat anak-anak mengkhatamkan Kitab Suci Al Qur'an, yang sekaligus membawa harapan bagi semua, akan generasi penerus yang shaleh, santun dan selalu memelihara nilai-nilai Qur'ani.

"Kepada anak anakku yang kami cintai dan banggakan, saya ucapkan selamat. Khatam Al Qur'an adalah sebuah prestasi, sekaligus potensi besar dan bekal kalian untuk menapaki masa depan. Khatam Al Qur'an tidak boleh membuat kalian berhenti membaca Al Qur'an. Teruskan membaca Al Qur'an, ulangi dan ulangi lagi. Baca juga terjemahannya, pelajari kandungan hikmah dan ilmunya," ucapnya.

Selain itu, Ansharuddin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengajar TPA BKPRMI maupun tempat-tempat pembelajaran Al Qur'an, serta para orang tua yang selalu mendorong anaknya mempelajari Al Qur'an.

"Saya juga meminta agar kita semua tidak henti-hentinya menanamkan dalam diri anak-anak kita motivasi atau keinginan untuk terus belajar. Tidak hanya dengan kata-kata atau menyuruh mereka belajar, namun yang lebih penting adalah dengan menciptakan situasi yang kondusif dan merangsang atau mendorong mereka untuk belajar," ujar Ansharuddin.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Khataman Syaiful Hadi melaporkan bahwa kegiatan tersebut diikuti sebanyak 1.228 peserta yang tersebar di 159 unit TPA se-Kabupaten Balangan.

"Peserta Khataman terdiri dari Kecamatan Paringin sebanyak 190 santri, Paringin Selatan 155 santri, Lampihong 124 santri, Batumandi 181 santri, Awayan 114 santri, Tebing Tinggi 82 santri, Juai 234 santri dan Kecamatan Halong sebanyak 148 santri," terang Syaiful Hadi.

Leave a Comment