breaking news New

Bupati Ansharuddin Bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tandatangani MoU

PARINGIN – Memberikan perlindungan sosial bagi karyawan di lingkungannya, Pemkab Balangan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepahaman dan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung Bupati Balangan H Ansharuddin bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin Ofik Taufik di Hotel Best Western, Banjarmasin, Jumat (8/11/2019). Hadir pula dalam kegiatan itu Kepala Dinas Nakertrans Balangan Sarwani beserta jajarannya dan pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam sambutannya, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan bahwa Pemkab Balangan mempekerjakan cukup banyak tenaga kontrak dengan jumlah mencapai ribuan, di mana sebagian besarnya adalah Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan.

"Hal itu kami lakukan guna memenuhi kebutuhan tenaga pada kedua bidang tersebut. Apalagi, bidang pendidikan dan kesehatan adalah prioritas teratas dalam pembangunan Kabupaten Balangan. Kami mengalokasikan tak kurang dari 20 persen APBD untuk bidang pendidikan, dan tak kurang dari 10 persen untuk bidang kesehatan," ungkapnya.

Sebagai pemberi kerja, Ansharuddin menegaskan bahwa Pemkab Balangan juga wajib memberikan jaminan-jaminan tertentu agar setiap pekerja berhak mendapat perlindungan jika mengalami kecelakaan, menderita cacat, maupun ketika mencapai hari tua, dan bahkan meninggal dunia.

"Dengan memasukkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, kami berharap bisa memberi rasa lebih tenang kepada para tenaga kontrak karena semua insiden saat bekerja semuanya ada yang menanggung, dalam hal ini BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Kerjasama antara Pemkab Balangan dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memfasilitasi para tenaga kontrak tersebut, dikatakan Ansharuddin sebagai salah satu wujud hadirnya negara dalam memberikan jaminan sosial kepada warganya, khususnya pekerja di instansi-instansi milik Pemkab Balangan.

"Dengan kerjasama ini, kami berharap BPJS Ketenagakerjaan, bersinergi dengan SKPD terkait di Balangan, ke depannya semakin pro aktif mendorong budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), yang merupakan investasi yang besar nilainya untuk terbentuknya masyarakat yang selamat, sehat dan produktif, sehingga perlu dijadikan sebagai bagian integral dari kegiatan kerja sehari-hari," harap Ansharuddin.

Dalam acara penandatanganan MoU Pemkab Balangan bersama BPJS Ketenagakerjaan tersebut, juga dirangkai dengan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

Leave a Comment