breaking news New

Peringatan Hari Pahlawan 2019

PARINGIN – Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Demikian disampaikan Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P Batubara diawal amanat tertulis yang dibacakan Bupati Balangan H Ansharuddin selaku Inspektur Upacara memperingati Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2019.

Upacara dengan mengibarkan Bendera Merah Putih ini, berlangsung di Halaman Kantor Bupati Balangan, Senin (11/11/2019),  Hadir pada acara ini, unsur FKPD, Sekda Balangan H Ruskariadi dan para Kepala SKPD serta peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI-Polri, ASN dan pelajar.

Lebih lanjut, Menteri Sosial menyampaikan, Pertempuran 10 November adalah salah satu peristiwa perang yang mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

"Semangat yang ditunjukan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia," tegasnya.

Menteri Sosial juga mengatakan, moment peringatan Hari Pahlawan hendaknya  membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

"Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya," bebernya.

Dipenghujung amanatnya Menteri Sosial RI Juliari P Batubara mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, agar memaknai Hari Pahlawan dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju.

"Marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. Sekali lagi jadilah Pahlawan Masa Kini yang membanggakan negeri," pungkas Menteri Sosial.

Pada kesempatan ini, Bupati Balangan H Ansharuddin juga menyerahkan tropy penghargaan kepada Tim Bola Volly Duduk Balangan yang berhasil meraih Juara I di Tingkat Provinsi Kalsel beberapa waktu yang lalu. 

Leave a Comment