breaking news New

Pencanangan Gerakan "Pilah Sampah dari Rumah"

PARINGIN – Menyukseskan program nasional, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Balangan turut serta melaksanakan kegiatan Pencanangan Gerakan "Pilah Sampah Dari Rumah" yang bertujuan untuk mengurangi volume sampah yang sampai di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), 

Berlangsung di Terminal Paringin, Kamis (21/11/2019) kegiatan yang diikuti oleh sejumlah pelajar dan masyarakat setempat ini, juga dihadiri oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, unsur FKPD, Kepala Dinas LH Musa Abdullah dan sejumlah Kepala SKPD lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas LH Musa Abdullah menyampaikan gerakan tersebut bertujuan mengurangi sampah sekaligus diharapkan dengan adanya gerakan ini pola pikir masyarakat Kabupaten Balangan terkait sampah akan berubah.

"Selanjutnya, akan kita instruksikan kepada kepala dinas, pimpinan perusahaan serta sekolah-sekolah yang menggelar kegiatan rapat dan hal-hal lainnya, agar meminimalisir penggunaan botol minuman maupun wadah makanan instan dari plastik," beber Musa.

Kegiatan ini disambut baik oleh Bupati Balangan H Ansharuddin yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada jajaran Dinas LH yang telah mensosialisasikan dan mengkoordinasikan kegiatan gerakan pilah sampah untuk direalisasikan pada masing-masing warga, utamanya warga yang terbiasa membuang sampah plastik sembarangan.

“Beberapa tahun terakhir, perhatian nasional dan internasional tertuju pada permasalahan sampah plastik dan potensi dampak buruknya terhadap manusia dan satwa. Kalau kita masih saja dengan gampang menghasilkan sampah plastik, anak cucu kita nanti yang akan sangat merasakan dampaknya,” ujarnya.

Orang nomor satu di kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam ini juga menegaskan, untuk menjaga momentum dan semangat masyarakat maka harus ditekadkan untuk membangun gerakan yang massif, sistematis dan konsisten yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, secara luas dan terus-menerus, yaitu gerakan Pilah Sampah Dari Rumah.

“Mari kita biasakan dari rumah memilah mana sampah yang bisa didaur ulang, mana sampah yang bisa dikomposkan, dan mana residu atau sampah yang tidak bisa dimanfaatkan. Dan yang tidak kalah penting, mari kita dukung minat masyarakat untuk membiasakan memilah sampah dari rumah, dengan menyediakan infrastruktur pengelolaan sampah,” ajak Ansharuddin.

Di acara ini, juga dirangkai dengan penyerahan bantuan satu armada pengangkut sampah dari PT Adaro Indonesia dan rekan kerja yang diterima oleh Bupati Balangan.

Leave a Comment