breaking news New

Diskominfo Balangan Sosialisasikan e-Presensi

Paringin - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan menyelenggarakan sosialisasi e-Presensi ke SKPD se-Kabupaten Balangan di Aula Disnakertrans.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Syarif Ubaidillah melalui Kabid Layanan e-Government, Riyadi N G Brata mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi e-Presensi kepada SKPD se Kabupaten Balangan ini adalah memperkenalkan e-Presensi. Khususnya kepada Kasubbag Umum dan Kepegawaian di tiap SKPD sebagai bagian dari rencana penerapan TPP untuk ASN Kabupaten Balangan pada tahun 2020 mendatang.

Ia menerangkan, penggunaan e-Presensi nantinya bisa dihubungkan dengan E Kinerja. Sehingga menjadi satu cara untuk penerapan pembayaran Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP).

"Aplikasi e-Presensi ini digunakan untuk kehadiran ASN di Kabupaten Balangan. Sehingga mereka menggunakan finger print terkoneksi dengan E Kinerja dan memasukan TPP di Balangan," jelas Riyadi.

Lebih lanjut, ia mengatakan perlu banyak pengembangan lagi terhadap aplikasi e-Presensi yang ada saat ini. Apalagi setelah dilakukan sosialiasi kepada SKPD, maka banyak masukan yang didapat.

Aplikasi e-Presensi bisa didapat melalui server Kominfo yang didownload langsung oleh ASN. Kemudian secara otomatis, ASN pun bisa melakukan absen secara online dimana data itu akan teintegrasi dan masuk ke BKPPD Kabupaten Balangan.

Tak ia pungkiri masih ada beberapa kendala yang bisa saja terjadi pada e-Presensi. Terutama untuk sistem jaringan. Sehingga perlu adanya perkuatan bandwidth dan kerjasama dengan provider untuk back up layanan internet.

"Sebagai bentuk antisipasi, e-Presensi secara manual bisa dilakukan apabila terjadi kendala teknis,"tuturnya.

Riyadi menyampaikan, meski masih banyak PR yang harus diselesaikan, namun dirinya optimis e-Presensi bisa berjalan lancar.

Akhir tahun 2019 ini, e-Presensi rencananya akan dilaunching. Sementara penerapan finger print sudah dilakukan sejak Oktober 2019 lalu.

Lebih lanjut, Konsultan ahli bidang komunikasi dan informatika, Dr Koes Wiatmoko mengatakan pada dasarnya e-Presensi merupakan program absensi dimana data absen dari ASN tidak lagi didownload secara manual seperti yang ada namun langsung masuk ke server.

"Hal ini untuk meminimalisir kecurangan tentang absensi ASN seperti yang selama ini terjadi," ujarnya.

Tentunya, keberadaan e-Presensi pun sebagai bentuk mendisiplinkan ASN di Kabupaten Balangan. Terutama dalam hal kehadiran.

Pria yang akrab disapa Moko ini menambahkan dari kegiatan sosialisasi ini pihaknya juga menerima banyak masukan dari OPD lain.

"Masukan-masukan tersebut kami terima dan akan kami tindaklanjuti untuk menyempurnakan program e-Presensi ini,"ujarnya.

Sementara nantinya, ketika diterapkan e-Presensi, maka diperlukan satu admin pada setiap SKPD. Fungsinya yakni untuk menginput data dari ASN yang tidak hadir, baik karena sakit maupun tugas di luar kota.(MC Blg)

Leave a Comment