breaking news New

Peringatan HUT KORPRI Ke-48 Tahun 2019

PARINGIN – Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik, serta program-program pembangunan betul-betul tersampaikan dan dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Demikian ditegaskan Presiden RI Joko Widodo dalam amanat tertulis yang dibacakan Bupati Balangan H Ansharuddin selaku Inspektur Upacara dalam memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (HUT KORPRI) Ke-48 Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2019.

Upacara dengan mengibarkan Bendera Merah Putih ini, berlangsung di Halaman Kantor Bupati Balangan, Jum'at (29/11/2019), dengan dihadiri pula Sekda Ir H Ruskariadi dan para Kepala SKPD.

Lebih lanjut, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa seiring kemajuan teknologi, cara kerja birokrasi juga harus berubah dengan inovasi teknologi yang seharusnya bisa mempermudah pekerjaan birokrasi.

"Pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan. kemajuan teknologi adalah instrumen untuk mempercepat penyelesaian masalah dengan cara yang lebih cepat, lebih efisien dan lebih memberikan dampak yang luas," ujarnya.

Kepada seluruh anggota KORPRI, Presiden juga mengajak untuk terus-menerus bergerak mencari terobosan dan melakukan inovasi, salah satunya dengan memangkas pelayanan yang berbelit-belit dan menyulitkan rakyat.

"Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah, bukan lagi berorientasi pada prosedur, tapi pada hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus bisa dipotong, dipercepat dengan cara penerapan teknologi. bahkan saya sudah minta Eselon 3 dan 4 untuk ditiadakan, sehingga pengambilan keputusan bisa lebih cepat," tegasnya.

Menutup amanatnya, Presiden juga meminta kepada seluruh anggota KORPRI yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan, menjaga tali persaudaraan sebagai saudara se-bangsa dan se-tanah air.

"Negara kita adalah negara besar dengan 17 ribu pulau, dengan agama, suku, budaya dan bahasa daerah yang beragam. keberagaman ini adalah kekuatan kita. Kemajemukan adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa lndonesia, yang harus kita jaga dan rawat bersama-sama," tutup Presiden.

Pada peringatan HUT KORPRI KE-48 ini, Presiden RI juga menganugerahkan penghargaan Satyalencana Karya Satya kepada ratusan ASN Pemkab Balangan yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Penghargaan tersebut disematkan langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin.

Leave a Comment