breaking news New

Peringatan HUT PGRI Ke-74 Dan Hari Guru 2019

PARINGIN – Sekitar 5 ribu orang guru Se-Kabupaten Balangan, mengikuti rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Persatuan Guru Seluruh Indonesia (HUT PGRI) sekaligus Hari Guru Tahun 2019.

Kegiatan yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Balangan, Sabtu (30/11/2019) tersebut, dihadiri Bupati Balangan H Ansharuddin, unsur FKPD, Ketua TP PKK Hj Nursidah, Sekda Ir H Ruskariadi, dan para Kepala SKPD.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan bahwa tugas guru adalah yang termulia sekaligus yang tersulit karena guru ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

"Guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu guru habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas. Guru tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka-angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan," ucapnya.

Oleh karenanya, selaku pejabat yang baru diberi amanah untuk memimpin Kementerian Pendidikan, Nadiem Makarim menegaskan akan berjuang memerdekakan belajar di Indonesia dan mengajak para guru untuk membuat perubahan.

"Besok di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda. Seperti, mengajak kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar, dan temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia pasti akan bergerak," ajak Nadiem Makarim.

Usai membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Bupati Balangan H Ansharuddin juga menambahkan bahwa di bidang pendidikan, guru sangat berperan dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Balangan untuk mengembangkan sumber daya manusia.

"Sebagai salah satu wujud perhatian kami kepada para guru, pada APBD 2020 tunjangan daerahnya akan kita naikkan. Baik itu gaji guru honorer, tunjangan guru non sertifikasi, tunjangan guru daerah terpencil, tunjangan kepala sekolah dan tunjangan pengawas," terang Ansharuddin.

Rangkaian acara HUT PGRI Ke-74 dan Hari Guru Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2019, ditutup dengan penyematan simbolis penghargaan Satyalencana Karya Satya, penyerahan penghargaan kepada satuan pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi, penyerahan bantuan perlengkapan sekolah, dan penyerahan tali asih kepada guru purna tugas dan Sesepuh PGRI.

Leave a Comment