breaking news New

Ansharuddin Tebar 10 Ribu Bibit Ikan

PARINGIN – Mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang, Dinas Perikanan Kabupaten Balangan melakukan stok ulang (restocking) bibit ikan di Wisata Alam Baruh Bahinu Binjai Bersinar, Sabtu (7/12/2019).

Sekitar 10 ribu bibit ikan berbagai jenis, ditebar atau dilepas langsung secara simbolis oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, dan para tamu undangan lainnya saat menghadiri acara Restocking Ikan di salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Desa Binjai, Paringin Selatan, tersebut.

Dalam arahannya, Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dinas Perikanan yang telah memprogramkan restocking ikan dengan turut melibatkan warga untuk mengembangkan ikan tersebut.

“Terima kasih saya ucapkan kepada jajaran Dinas Perikanan yang dapat melaksanakan restocking ikan dalam rangka melestarikan sumber daya ikan dan menambah populasi ikan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bukti pemerintah ikut berperan meningkatkan produksi ikan guna memenuhi gizi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan dari sektor perikanan,” ucapnya.

Ditambahkan Ansharuddin, bahwa restocking ikan, adalah sebuah langkah kecil yang sangat besar manfaatnya untuk mewujudkan tujuan pembangunan perikanan secara umum. Hal ini juga sekaligus menjadikan danau tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi ikan untuk hidup dan berkembang biak secara khusus.

“Danau dan setiap perairan adalah potensi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama. Karena itu, jangan hanya mengandalkan pemerintah saja untuk memeliharanya. Masyarakat sendiri adalah pihak yang paling berkepentingan dan paling merasakan manfaat perairan, dan juga paling merasakan akibatnya bila perairan atau potensi-potensinya di dalamnya rusak,” tegasnya.

Oleh karenanya, Ansharuddin sangat mengharapkan peran serta masyarakat, agar dapat bersinergi dengan pemerintah, dalam melindungi, merehabilitasi, memanfaatkan dan memperkaya sumber daya perikanan.

“Kami berharap agar masyarakat selalu turut aktif memelihara danau, sungai maupun sumber daya-sumber daya perikanan lainnya,” harap Ansharuddin.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Balangan H Ansharuddin juga menyerahkan bantuan sarana budiya ikan keramba kepada beberapa kelompok petani ikan.

Leave a Comment