breaking news New

Balangan 4 Kali Peduli HAM

PARINGIN – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkum-HAM RI) melalui Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia memberikan Kabupaten Balangan Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia untuk penegakkan HAM di tahun 2018.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Dirjen HAM, Mualimin Abdi, kepada Bupati Balangan, H Ansharuddin, pada acara Peringatan Hari Hak Asasi Sedunia Ke-71 Tahun 2019, di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Pada acara tersebut, hadir juga Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly serta para Kepala Daerah penerima penghargaan.

Dalam sambutannya, Menko Polhukam RI, Mahfud MD menyatakan bahwa penghargaan ini bukanlah tujuan, melainkan konsekuensi dari apa-apa yang sudah dilakukan oleh tiap-tiap daerah kabupaten/kota dalam penegakan HAM yang mencakup berbagai bidang. Dirinya juga meminta kepada kabupaten/kota untuk terus mempertahankan prestasi ini, sambil terus meningkatkan pelayanan hak-hak mendasar masyarakat.

"Penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota yang dinilai telah menegakkan HAM melalui program-program pembangunan ekonomi, sosial dan budaya, yang mencakup 7 macam hak, yaitu Hak Atas Kesehatan, Hak Atas Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Hak Atas Kependudukan, Hak Atas Perumahan yang Layak, dan Hak Atas Lingkungan yang Berkelanjutan," bebernya.

Lebih lanjut, Mahfud MD menjelaskan bahwa masalah HAM tidak sebatas pelanggaran atau penegakan hukum, namun ke arah yang lebih luas dengan mencakup berbagai bidang lainnya.

“Masyarakat harus jernih melihat bahwa kemajuan perlindungan HAM saat ini sudah sangat luar biasa, tidak hanya berupa pemberian jaminan perlindungan atas hak-hak  sipil dan politik, tetapi sudah merambah ke perlindungan HAM dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya,” terang Mahfud MD.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin yang ditemui usai menerima penghargaan tersebut menegaskan komitmennya untuk melaksanakan arahan-arahan yang disampaikan Menko Polhukam RI.

“Semoga melalui program-program pembangunan yang kita laksanakan, hal itu bisa terus meningkatkan pelayanan tujuh hak dasar yang menjadi kriteria pemenuhan HAM tersebut,” harap Ansharuddin.

Adapun untuk Kabupaten Balangan sendiri, sudah empat kali berturut-turut meraih Penghargaan Peduli HAM tersebut, yaitu sejak 2016 tanpa jeda.

Leave a Comment