breaking news New

HKSN 2019

PARINGIN – Provinsi Kalimantan Selatan didaulat sebagai tuan rumah pada peringatan puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2019. Pada rangkaian memperingati HKSN ini, Kementerian Sosial RI melaksanakan kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) yang menyasar ke sejumlah daerah, termasuk salah satunya Kabupaten Balangan.

Tim LBKS yang sebelumnya bergerak dari Kabupaten Tabalong, diterima langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, ditandai dengan penyerahan bendera Pataka, bertempat di Desa Dahai, Paringin, Sabtu (14/12/2019).

Selanjutnya, Bupati Balangan dan Tim LBKS menuju Desa Lasung Batu Kecamatan Paringin, untuk meninjau Jembatan Titian Desa sepanjang kurang lebih 50 meter yang dikerjakan pihak Kemensos. Jembatan tersebut diresmikan penggunaannya dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Tim LBKS Bambang Mulyadi.

Keesokan harinya, bertempat di Halaman Kantor Bupati Balangan, Minggu (15/12/2019), kegiatan LBKS dirangkai dengan acara silaturahmi, penyerahan berbagai bantuan dengan nilai milyaran rupiah, pelaksanaan donor darah dan beberapa kegiatan sosial lainnya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Bupati Balangan,Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos RI, Andi Hanindito, para Kepala SKPD, dan ribuan masyarakat.

Dalam sambutan tertulis, Menteri Sosial RI Juliari P Batubara, yang dibacakan Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos RI, Andi Hanindito, mengatakan bahwa LBKS adalah kegiatan yang sangat strategis menyapa, bersimpati serta berempati kepada masyarakat yang membutuhkan, dengan harapan dapat menjalin kesetiakawanan sosial di antara berbagai komponen masyarakat.

"LBKS dilakukan baik melalui jalur darat dan susur sungai, untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, di antaranya dengan melakukan renovasi rumah tidak layak huni di kabupaten-kabupaten yang nantinya dilalui. LBKS menempuh jalur dari Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Tapin Banjar, hingga Kota Banjarmasin," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Gubernur Kalsel dan Tim LBKS di Bumi Sanggam dan mengucapkan terimakasih karena Balangan mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat, khususnya dari Kementerian Sosial RI.

"Warga kami disini tentunya sangat senang karena sudah dibantu baik bantuan langsung maupun infrastruktur. Saya juga berharap kepada penerima bantuan, agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk lebih memberdayakan diri dan menjadi lebih produktif lagi," ujar Bupati.

Adapun bantuan dan penhghargaan yang diserahkan kepada ribuan penerima, bersumber dari APBD Pusat, Provinsi dan Kabupaten, serta perbankan dan yayasan.

Leave a Comment