breaking news New

Bupati Balangan Resmikan Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida

PARINGIN- Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang yang berada di Desa Balida Kecamatan Paringin, diresmikan oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, Selasa(21/1/2020).

Pasar Budaya Racah Mampulang menyajikan berbagai wisata, diantaranya beragam kuliner lokal dan kesenian lokal.

Bupati Balangan H. Ansharuddin saat meresmikan mengatakan, wisata Pasar Budaya Racah Mampulang memang luar biasa, dimana berbagai kesenian ditampilkan kemudian juga berbagai macam kue kue tradisional, makanan dan buah-buahan lokal.

"Yang hebatnya belanjanya menggunakan koin atau Racah dan bahkan juga dalam belanja tidak menggunakan bahan plastik," ucapnya.

Diketahui pengembangan Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang ini menggunakan dana desa melalui BUMDes dan sebagian bantuan perusahaan. Ini merupakan inovasi dari masyarakat Desa Balida sendiri dalam mengembangkan potensi desa.

Ansharuddin sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemdes dan masyarakat Balida. Baik dalam hal melestarikan budaya juga membangun SDM dan ekonomi desa.

"Mudah-mudahan hal seperti ini bisa juga dicontoh oleh desa desa lainnya," tutupnya.

Rizki Dartaman External Relation Division Head PT Adaro Indonesia menambahkan, akan memberikan dukungan dengan memfasilitasi dalam hal infrastruktur maupun pelatihan terhadap pengembangan wirausaha yang ada di Kabupaten Balangan.

"Nanti kalau Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang ini berhasil kita akan dikembangkan lagi ke desa-desa yang lainnya," pungkasnya.(Rei.Elm)

Leave a Comment