breaking news New

Antisipasi Banjir, BPBD Balangan Bangun Bronjong di Desa Sikontan

PARINGIN- 2019 kemaren, BPBD Balangan membuat bronjong di Desa Sikontan, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalsel. Keberadaan bronjong tersebut dianggap sangat bermanfaat bagi warga setempat. 

Kepala Desa Sikontan, Fansyah mengatakan, adanya bronjong membuat tanah di bantaran sungai bisa tertahan. Sementara tanpa adanya bangunan tersebut, bisa saja dampaknya adalah rumah warga. 

Menurut Fansyah, keberadaan bronjong tersebut sudah dianggap mampu mencegah terjadinya tanah tergerus di pinggir sungai tersebut. Rumah warga pun aman. 

Manfaat lainnya yang dirasakan adalah kondisi air sungai yang kini telah bersih dan bisa digunakan untuk aktifitas sehari-hari, seperti mencuci dan mandi. Sebelumnya, ketika hujan aliran air membawa tanah dan membuat sungai keruh.

"Masyarakat senang sekali ada bantuan ini dan airnya sekarang bersih, jernih dan bisa dimanfaatkan," ucapnya. 

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Balangan, Alive Yoesfah Love mengatakan, program tersebut sebagai upaya untuk pencegahan terjadinya bencana. Terutama tanah longsor atau tergerus. 

"Kegiatan pembuatan bronjong ini kami prioritaskan pada daerah permukiman dan akses ekonomi masyarakat yang memang rawan dan akan tejadi longsor," ucap Alive. 

"Selain itu disana juga pernah terjadi kelongsoran," tambahnya. 

Pembuatan bronjong tersebut berdasarkan permintaan masyarakat. Namun BPBD ujarnya hanya untuk skala kecil. Fungsinya pun yakni untuk pengurangan resiko kebencanaan. 

Sebutnya, selain dibangun, BPBD Balangan juga melakukan pemeliharaan terhadap bronjong tersebut. Tentunya dengan melihat ketahanan dari kondisi bangunan. (Rei/elh)

Leave a Comment