breaking news New

Bupati Balangan Resmikan Masjid Jami Al Jihad

PARINGIN – Setelah direnovasi beberapa waktu lamanya, akhirnya Masjid Jami Al Jihad resmi digunakan pemanfaatanya. Masjid yang berada di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai tersebut, diresmikan langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin dengan memukul bedug dan membuka tirai papan nama masjid, Jum'at (10/1/2010).

Turut hadir pada acara peresmian ini, unsur Forkopimda, Ketua MUI Balangan KH Akhmad Yusuf, Camat Juai Munisih dan sejumlah pejabat, serta jajaran panitia pembangunan Masjid Jami Al Jihad.

H Sabirin selaku Ketua Panitia pembangunan masjid melaporkan, bahwa Masjid Jami Al Jihad sebelumnya adalah sebuah langgar yang setelah selesai direnovasi dirubah statusnya menjadi masjid.

"Perubahan status dari langgar menjadi masjid merupakan aspirasi masyarakat, serta sudah mendapatkan rekomendasi dari MUI dan Kemenag Balangan. Proses pembangunan masjid menelan biaya sebesar Rp. 1,2 milyar. Dan tentunya, panitia pembangunan masjid juga masih mengharapkan bantuan dana dari Pemkab Balangan,” kata Sabirin.

Laporan dari panitia pembangunan masjid tersebut mendapat respon langsung dari Bupati Balangan H Ansharuddin yang dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pemkab Balangan membantu dana sebesar Rp 50 juta.

"Selain itu, sama dengan masjid-masjid lainnya, bahwa Pemkab Balangan akan membantu pembayaran biaya listrik dan air bersih untuk keperluan masjid, serta memberikan insentif untuk Kaum Masjid," ujarnya.

Orang nomor satu di kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam ini juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran panitia pembangunan Masjid Jami Al Jihad dan lapisan masyarakat yang telah bekerja keras bahu membahu untuk merenovasi masjid.

"Mari kita syukuri kenaikan status menjadi masjid yang sebelumnya hanya langgar. Saya berharap kepada masyarakat, untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masjid. Dan tak kalah pentingnya, mari kita memakmurkan dengan giat beribadah dan melaksanakan kegiatan keagamaan lainnya di masjid ini," ajak Ansharuddin.

Usai peresmian, juga dilakukan penyerahan SK Penetapan Perubahan Status dari Langgar Al Jihad menjadi Masjid Jami Al Jihad dari Kemenag Balangan. Kemudian dilanjutkan dengan Shalat Jum’at perdana di Masjid Jami Al Jihad.

Leave a Comment