breaking news New

TP PKK Balangan Gelar Sosialisasi Damas Sekaligus Pelantikan Ketua TP PKK Parsel

PARINGIN- Tim Pengerak PKK Kabupaten Balangan menggelar pembimbingan pemberdayaan masyarakat (Damas) bertempat di Aula Benteng Tundakan kantor bupati, kemarin Rabu (12/02/2020).

Pembinaan pemberdayaaan masyarakat melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat terlibat secara langsung dalam seluruh proses pembangunan sejak dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan, serta pengembangan hasil-hasil pembangunan dalam proses yang berkesinambungan.

Menurut Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah Ansharuddin, pelatihan DAMAS PKK ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan TP PKK dan kader-kadernya.

Karena TP PKK adalah mitra kerja pemerintah yang berfungsi sebagai penyuluh, motivator dan penggerak masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan program TP PKK dan juga melaksanakan fungsi sebagai fasilitator dan lainnya.

“Melalui pelatihan DAMAS PKK ini diharapkan dapat ditemukan kader-kader pemberdayaan masyarakat terbaik dan berprestasi untuk dapat melakukan gerakan PKK di berbagai tingkatan wilayah kerja masing-masing, dan nantinya dapat mewakili kabupaten Balangan dalam mengikuti jambore tingkat provinsi bahkan nasional,” imbuhnya.

Usai kegiatan sosialisasi Hj Nursidah Ansharuddin melanjutkan acara dengan melantik Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Paringin Selatan (Parsel). 

Dalam kesempatan tersebut ia mengucapkan selamat kepada ketua tim PKK yang baru dilantik. Harapannya agar dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

“Saya berharap kepada ibu bisa menjadi penggerak dari semua kegiatan PKK yang ada di Kecamatan Paringin Selatan. Laksanakanlah pembinaan itu mulai dari PKK kecamatan itu sendiri kemudian kampung dan kelurahan,” pesannya.

Lebih lanjut Nursidah menjelaskan, PKK memiliki kelompok di dalamnya yaitu dasa wisma yang merupakan ujung tombak dari pelaksanaan PKK yang ada di kecamatan. Dasa wisma bertujuan untuk melakukan pendataan yang akurat. Apapun kekurangan yang terdapat di masyarakat dapat diketahui dengan akurat. (Rie/elh)

Leave a Comment