breaking news New

Pemkab Gelar Workshop Regulasi dan Kebijakan Pelaksanaan Inovasi Daerah Tahun 2020

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Badan Penelitian, dan pengembangan daerah (Balitbangda), mengelar Workshop Regulasi dan Kebijakan Pelaksanaan Inovasi Daerah Tahun 2020.

Acara tersebut juga diisi dengan Penandatanganan Komitmen Inovasi Daerah Kepala SKPD dengan Bupati Balangan dan Balitbangda Kemendagri yang bertempat di Hotel Green Dhika, Jakarta, dari tanggal 10 sampai 13 maret 2020.

Workshop tersebut Diikuti oleh ASN lingkup Pemkab Balangan meliputi pejabat tinggi pratama sebanyak 32 orang dan pejabat staf sebanyak 28 orang Balangan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Balangan, Aidinnor, menyampaikan perlu adanya kreativitas dan kriteria yang obyektif yang dapat dijadikan pegangan bagi pejabat daerah untuk melakukan kegiatan yang bersifat inovatif.

Sehingga inovasi di daerah akan terpacu dan berkembang tanpa ada kekhawatiran menjadi objek pelanggaran hukum. Selain itu dapat mewujudkan sinergi dari berbagai aspek dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan pemerintah pusat.

“Maka perlu upaya penguatan dan komitmen perangkat daerah agar memiliki satu persepsi dan dukungan yang sama dalam pelaksanaan inovasi daerah dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang inovatif,” jelasnya.

Dikatakan, bahwa dukungan dan komitmen tersebut akan dituangkan dalam bentuk Penandatanganan Dokumen Komitmen dari seluruh Kepala SKPD dan BLUD dengan Bupati Balangan dan disaksikan oleh Kementrian Dalam Negeri RI.

Diharapkan pengelolaan dan pengembangan inovasi daerah melalui peranan seluruh SKPD dan BLUD dapat terlaksana dengan mengedepankan prinsip efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta mengedepankan asas keadlilan, kepatutan dan memberi manfaat sebesar-besarnya untuk Masyarakat.

“Dan Balitbangda sesuai dengan jadwal tim percepatan pengelolaan dan penyusunan indeks inovasi daerah akan dimulai pada bulan April 2020,” tuturnya.

Data indeks inovasi yang sudah terjaring akan dilakukan verifikasi kelengkapan data dukung dari indikator-indikator inovasi dan selanjutnya akan dilaporkan ke Menteri Dalam Negeri melalui Bidang Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri RI.

Sambutan Bupati Balangan H Ansharuddin yang dibacakan Sekda Ir Ruskariadi menyampaikan, bahwa Pemkab Balangan selalu mendukung ide inovasi dari instansi pemrerintahan salah satunya yang dilakukan oleh instansi Balitbangda.

“Sesuai komitmen yang ditanda tangani dengan kemendagri ini, setiap unit kerja harus memiliki inovasi setiap tahunnya, ini menjadi kewajiban bagi setiap unit kerja pemerintahan dan ini berdampak baik untuk percepatan roda pemerintahan kita,” ucapnya.

Bupati juga mengingatkan saat ini pemerintah pusat memberikan tambahan dana kepada daerah, yang dinilai dari prestasi daerah tersebut. Ini lah yang jadi motivasi Balangan untuk lebih berinovasi agar prestasi yang sudah didapat bisa dipertahankan dan prestasi baru bisa diraih.

“Sebagai contoh, prestasi kita mendapatkan WTP berturut turut, dana kita ditambah oleh pusat, apa lagi kita mendapat prestasi baru, maka dana daerah kita bisa lebih besar, untuk itu saya harapkan terus berinobasi demi kelancaran roda pemerintahan kita,” pungkasnya.(elh/Rie)

Leave a Comment